Pemadaman kebakaran hutan di Sumsel berlanjut

id kebakaran, kebakaran hutan dan lahan

Pemadaman kebakaran hutan di Sumsel berlanjut

Prajurit TNI AD memadamkan kebakaran lahan gambut di Desa Palm Raya, Ogan Ilir, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan terus berlanjut, karena titik api sekarang ini masih ada terutama di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Iriansyah di Palembang, Selasa mengatakan, memang petugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tetap bekerja untuk memadamkan titik api.

Hal ini karena sekarang ini masih terdapat titik api antara lain di Kecamatan Pampangan, Tulung Selatan dan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir, sehingga itu harus dipadamkan.

Jadi untuk sementara ini di daerah itu masih menjadi skala prioritas pemadaman yang dilaksanakan satuan tugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, yakni melalui operasi darat dan udara dengan bom air, katanya.

Pesawat bom air tetap dimaksimalkan untuk memadamkan titik api yang ada di sejumlah wilayah di Sumsel.

Begitu juga hujan buatan terus dimaksimalkan karena potensi awan memacu hujan telah ada, kata dia.

Memang, lanjut dia, beberapa hari ini sudah mulai turun hujan sehingga udara terutama di Palembang mulai cerah dan kabut asap berangsur berkurang.

Namun, walaupun demikian kesiagaan tetap dilaksanakan sehingga kebakaran hutan dan lahan diharapkan tidak terjadi dan meluas.

Dalam melaksanakan tugas tersebut pihaknya rutin melakukan rapat koordinasi dipimpin satuan tugas masing-masing, supaya pemadaman api membakar hutan semakin efektif, tambah dia.