Pertamina EP tambah pasokan gas ke pusri

id pertamina, pusri, gas, kilang minyak, gas bumi

Pertamina EP tambah pasokan gas ke pusri

Ilustrasi - Pabrik PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Jakarta, 3/11 (Antara) - PT Pertamina EP menambah pasokan gas bumi sebesar 17 juta kaki kubik per hari ke PT Pupuk Sriwidjaja.

Dirut Pertamina EP Rony Gunawan dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa mengatakan, penambahan pasokan tersebut menjadikan total penyaluran gas bumi ke Pupuk Sriwijaya (Pusri) menjadi 183 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

"Sebelumnya, kami sudah pasok 166 MMSCFD, dengan tambahan 17 MMSCFD, sehingga totalnya menjadi 183 MMSCFD," katanya.

Penandatanganan perjanjian jual beli gas bumi (PJBG) antara Pertamina EP dan Pusri dilakukan bertepatan dengan acara Sarasehan Stakeholder Gas Bumi Nasional di Bali, Senin (2/11).

Selain Pusri, dalam acara sarasehan tersebut, Pertamina EP juga menandatangani PJBG dengan PT Sinergi Patriot Bekasi.

Sesuai PJBG, Pertamina EP memasok gas bumi dengan volume sebesar lima MMSCFD ke Sinergi Patriot Bekasi yang akan digunakan memenuhi kebutuhan industri di Jawa Barat.

PJBG dengan Sinergi Patriot merupakan awal kerja sama yang melibatkan BUMD Bekasi tersebut.

Rony menambahkan, melalui dua kontrak itu potensi pendapatan bagi negara diperkirakan mencapai lebih dari 130.000 dolar AS yang terdiri dari 83.600 dolar AS untuk PJBG dengan Pusri dan 47.500 dolar AS untuk PJBG dengan Sinergi Patriot Bekasi.

PJBG antara Pertamina EP dan Pusri berlangsung selama dua tahun hingga 2017, sedangkan dengan Sinergi Patriot berlangsung selama empat tahun sampai 2019.

"Pasokan gas ke domestik ini merupakan komitmen perusahaan untuk terus mendukung pertumbuhan sektor pupuk dan industri, sehingga dapat memberikan dampak yang besar terhadap masyarakat dan perekonomian negara," ujarnya.