Ratusan IKM hadiri peluncuran songket warisan budaya

id permana, peluncuran songket

Ratusan IKM hadiri peluncuran songket warisan budaya

Permana (Foto Antarasumsel.com/15/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ratusan pengusaha industri kecil dan menengah akan menghadiri peluncuran "songket sebagai warisan budaya daerah" di Palembang, akhir 2015.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel, Permana di Palembang, Senin mengatakan, dari industri kecil dan menengah (IKM) itu juga banyak yang begerak di bibang kerajinan songket.

Para pengusaha industri kecil dan menengah ini nantinya juga akan mengenakan pakaian khas dari songket, sehingga acara tersebut semakin menarik, ujar dia.

Selain pengusaha songket juga akan diundang para pelajar yang ada di daerah ini, supaya peluncuran songket sebagai warisan khas daerah tersebut semakin meriah.

Menurut dia, tentunya diharapkan kegiatan itu dapat memajukan dan menggairahkan usaha songket, karena saat ini songket sudah diakui sebagai warisan budaya Sumsel oleh UNESCO.

Memang, menurut dia, pihaknya telah mempersiapkan kerangka dasar acaranya dan ingin menampilkan busana songket istimewa.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam satu busana nantinya ada puluhan macam motif sehingga memiliki khas tersendiri.

Memang pihaknya telah berkoordinasi dengan perancang tenun dan pengrajin songket lokal untuk membahas konsep yang diusung seperti apa nantinya.

Menurut dia, nantinya konsep rancangan tenun songket lokal akan dipadukan dengan konsep tenun dari Tiongkok dan Jepang.

Yang jelas acara tersebut selain mempromosikan songket sebagai warisan budaya, juga untuk memotivasi pengrajin daerah, tambah dia.