Sumsel kirim 14 pesenam ke prakualifikasi PON

id pesenam sumsel, senam, pon jabar, pekan olahraga nasional, prakualifikasi pon

Sumsel kirim 14 pesenam ke prakualifikasi PON

Atlet senam Sumsel menjalani tes kelenturan. (Foto Antarasumsel.com/13/Dolly Rosana/Aw)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Persatuan Senam Seluruh Indonesia Sumatera Selatan mengirimkan 14 pesenam ke ajang prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional di Bandung Jawa Barat, 31 Oktober-3 November 2015.

Ketua Umum Persani Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Jumat, mengatakan, pada babak kualifikasi ini Sumsel menargetkan dapat meloloskan seluruh atlet meraih tiket ke PON.

"Pada pra-PON, targetnya atlet lolos semua, setelah itu baru fokus pada peningkatan prestasi melebihi PON Riau," kata dia.

Ia mengemukakan, prestasi atlet senam Sumsel pada PON Riau tahun 2012 terbilang cukup baik dengan menyumbangkan satu medali perak di nomor artistik putri dan satu medali perunggu di nomor artistik putra. 

Menurutnya, prestasi ini dapat ditingkatkan dengan cara memberikan atlet kesempatan berlatih menambah jam terbang di luar negeri.

"Ini sedang dibicarakan, jika nanti sangat berpeluang meraih medali, ada kemungkinan dikirim berlatih di luar negeri," ujar dia. 

Sementara itu, Ketua Kontingen Sumsel Farouq Rosyid mengatakan pada pra-PON ini memboyong 25 orang, terdiri atas 14 atlet, lima pelatih, empat wasit dan dua offisial. 

Dijelaskannya, para atlet itu untuk nomor artistik putra, M Abu Daud, M Ribta Waslitus, Fajar Abdurohman Al Ali, Rio Maicandra, Fernando, Rian Wijaya Putra. Sedangkan nomor artistik putri, Dewi Mustika, Iin Imaroh, Yessi Saga, Dian Widya Putri, Rindu Tiara Pertiwi, Dwi Putri Ayu, Desti Wulandari, dan nomor ritmik yakni Eka Diana.

"Pada tim kali ini, terjadi perpaduan atlet senior dan junior, delapan di antaranya merupakan atlet yang sudah diturunkan di PON Riau lalu. Sejauh ini proses pembinaan sudah sesuai dengan target, belum lama ini pesenam Sumsel menyumbangkan tiga medali perak pada Popnas," katanya.