Menlu belum lakukan koordinasi penambah pesawat pemadam

id Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, pesawat pemadam, pesawat, pemadaman kebakaran lahan, kebakaran lahan, kebakaran hutan

Menlu belum lakukan koordinasi penambah pesawat pemadam

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pihaknya belum melakukan koordinasi mengenai rencana untuk menambah pesawat pemadam kebakaran hutan dan lahan dari luar negeri.

"Kami belum melakukan koordinasi atas rencana tambahan pesawat pemadam kebakaran hutan dan lahan itu," kata dia ketika ditanya wartawan di Palembang, Kamis.

Dia mengatakan, sekarang ini Pemerintah RI masih mengandalkan pesawat yang ada untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan.

Pesawat asing dan yang ada saat ini harus dimaksimalkan dalam memadamkan titik api, ujar dia.

Begitu juga kekuatan yang ada terus dimaksimalkan dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap tersebut.

Sebelumnya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem R mengatakan pihaknya merencanakan akan menambah lagi pesawat pemadam untuk memadamkan titik api antara lima hingga sepuluh yang direncanakan antara lain didatangkan dari Kanada.

Menurut dia, pesawat tersebut akan disewa oleh perusahaan seperti dari Rusia sekarang ini.

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan juga membenarkan adanya rencana tersebut.

"Memang ada rencana menambah pesawat pemadam lagi," kata dia saat berada di Palembang usai dari Jambi meninjau kebakaran hutan dan lahan.

Menlu berada di Sumsel ikut rombongan Presiden Joko Widodo meninjau kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir.