KPU: Dua cabup Musirawas resmi berhenti PNS

id kpu musirawas, komisi pemilihan umum, calon bupati, pilkada, pilkada musirawas, panwaslu, pns, bkn, bkd

KPU: Dua cabup Musirawas resmi berhenti PNS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musirawas, Sumatera selatan, menyatakan bahwa dua calon Bupati Musirawas resmi mengudurkan diri dari status Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kedua calon bupati itu adalah Hj Ratna Mahmud Amin dan H Hendra Gunawan dan semuanya sudah mendapat surat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, kata Divisi Sosialisasi KPU Musirawas Dasril Ismail, Selasa.

Ia mengatakan penyerahan berkas pemberhentian PNS dari kedua calon bupati itu telah sesuai batas waktu yang diberikan yaitu 60 hari setelah penetapan sebagai calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada serentak 2015.

"Semua berkas mereka sudah lengkap, tidak ada kendala sama sekali, setelah kami verifikasi beberapa hari lalu bahwa kedua calon bupati itu dinyatakan berhenti dari status mereka selaku PNS oleh instansi mereka masing-masing," tandasnya.

Hal itu sesuai dengan PP Nomor 9 tahun 2003, khusus untuk Hj Ratna Mahmud Amin diajukan kepada BKD Sumsel dan ditandatangani Gubernur Sumsel, karena status eselonnya diatas IV b maka yang berhak adalah BKN. 

Sedangkan surat pengunduran diri H Hendra Gunawan tertuang Kepres nomor 000004/KEPKA/AP/21605/15 yang ditandatangani langsung oleh Kepala BKN Pusat Bima Haria Wibisana pada 11 September 2015.

Untuk surat Pemberhentian PNS Hj Ratna Mahmud Amin berdsarkan Keputusan Gubernur Sumsel Nomor 1555/KPTS/BKD.II/2015 tentang Pemberhentian PNS atas permintaan sendiri dan langsung ditandatangani oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin pada 28 Agustus 2015 di Palembang.

"Dengan demikian kita telah memastikan keduanya sudah resmi mengundurkan diri sebagai PNS atau diberhentikan dengan hormat," ujarnya.

Calon Bupati Musirawas akan maju pada Pilkada 2015 ada tiga pasang, dua pasang dari birokrat (PNS) dan satu pasang dari swasta murni.

Ketiga pasang calon bupati Musirawas itu adalah pasangan Hj Ratna Mahmud Amin- H Zabur Nawawi, H Hendra Gunawan-Hj Suwarti dan pasangan calon H Zulkarnain-Hj Ratnawati.