Fasilitas Jakabaring siap digunakan untuk Pelatnas

id jakabaring, pelatnas, pon, asian games, sea games, kolam renang, koni sumsel, muddai

Fasilitas Jakabaring siap digunakan untuk Pelatnas

Wisma atlet Jakabaring Palembang (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

....Jakabaring memiliki fasilitas yang siap digunakan seperti kolam renang, menembak, voli Pantai hingga lokasi untuk kano maupun ski air....
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Ketua KONI Sumatera Selatan Muddai Madang mendukung instruksti Menpora Imam Nahrawi yang meninta Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) untuk menggunakan fasilitan bekas PON untuk pusat pelatihan nasional (pelatnas).

"Seperti di Jakabaring. Kami memiliki fasilitas yang siap digunakan seperti kolam renang, menembak, voli Pantai hingga lokasi untuk kano maupun ski air," kata Muddai di sela pelantikan Ketua Satlak Prima di Halaman Kemenpora, Jakarta, Jumat.

Menurut dia, di sela pelantikan pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan Ketua Satlak Prima baru Ahmad Sutjipto dan menyatakan kesiapannnya untuk menggunakan tempat latihan sesuai dengan arahan Menpora Imam Nahrawi.

Kompleks olahraga Jakabaring Sports City Palembang merupakan lokasi yang telah digunakan untuk beberapa kejuaraan mulai PON, Islamic Solidarity Games hingga SEA Games 2011. Banyak lokasi yang telah sesuai dengan standart internasional. Di lokasi tersebut juga terdapat wisma atlet dengan kapasitas ribuan orang.

Tidak hanya Jakabaring, pemerintah juga mengusulkan lokasi pelatnas juga dilakukan di Riau maupun Kalimantan Timur yang sebelumnya juga digunakan untuk lokasi PON. Hanya saja, sebelumnya digunakan harus disesuaikan standart .

Sementara itu terkait terpilihnya Ahmad Sutjipto sebagai Kepala Satlak Prima, pria yang saat ini mengajukan diri sebagai calon Ketua KOI menegaskan jika hal tersebut adalah keputusan yang tepat. Ketua PB PODSI itu dinilai memiliki pengalaman yang bagus dalam pembinaan atlet.

"Beliau sudah tidak asing lagi. Selain mempunyai pengalaman, beliau juga dikenal sebagai konsultan olahraga. Kami berharap ketua yang baru mampu mengeluarkan program yang cerdas demi menciptakan atlet yang berprestasi," kata Muddai menegaskan.

Ia menambahkan, dengan adanya ketua baru diharapkan bisa segera bekerja. Apalagi banyak kejuaraan yang akan segera dihadapi mulai Olimpiade 2016 di Brasil, SEA Games 2017 di Malaysia hingga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Atlet sebenarnya kita sudah punya, saat ini tinggal bagaimana memolesnya. Saya yakin Pak Ahmad Sutjipto mampu melaksanakan tugas ini," kata pria yang juga seorang pengusaha ini.

Demi melaksanakan tugas, Ahmad Sutjipto didukung empat wakil ketua yang mayoritas didominasi mantan atlet. Mantan atlet yang terlibat adalah Taufik Hidayat (bulu tangkis), Sadik Algadri (judo) dan Lukman Niode (renang). Satu wakil lagi adalah Anton Subowo.