Pemkab Muratara bagikan sembako murah

id sembako, paket sembako

Pemkab Muratara bagikan sembako murah

Pembagian sembako murah (FOTO Antarasumsel.com/Fenny)

Musirawas Utara (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara Sumatera Selatan, membagikan paket sembilan bahan pokok murah kepada warga kurang mampu pada saat krisis ekonomi sekarang ini.

Selain itu menggelar Bazar pada stand yang dibuat panitia untuk peringatan HUT ke-3 Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) tahun 2015, kata Penjabat Bupati Musirawas Utara, Agus Yudiantoro, Kamis.

Ia mengatakan, dalam pembagian sembilan bahan pokok (Sembako) dan bazar murah itu minat masyarakat cukup tinggi, sehingga terlihat meriah setiap stand dipadati warga.

Kegiatan itu dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat kerja sama dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Melihat antusias masyarakat untuk mendapatkan sembako murah itu, pihaknya akan menyiapkan dana melalui APBD untuk membantu warga kurang mampu yang setiap bulan jumlahnya terus bertambah.

Meningkatnya jumlah warga kurang mampu itu akibat harga hasil pertanian dan perkebunan sangat rendah, sehingga tingkat ekonomi masyarakat merosot tajam.

Sedangkan sebagian besar warga di Kabupaten Musirawas Utara sangat tergantung pada hasil karet dan kelapa sawit, kedua komoditas itu harganya tak seimbang dengan harga bahan pokok sehari-hari.

"Ke depan kami akan berupaya mengembangkan tanaman padi sawah dengan memanfaatkan jaringan irigasi yang ada sekarang ini, karena harga beras lebih tinggi dari harga karet dan buah kelapa sawit," ujarnya.

Dengan demikian daerah itu sangat potensi untuk dibangun bendungan Sungai Rupit sesuai program mantan Bupati Musirawas, Ridwan Mukti, namun hanya terkendala anggaran yang masih minim, ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Musirawas Utara Hj Purnamawati Siregar mengatakan untuk memeriahkan HUT Kabupaten Musirawas Utara ketiga itu, pihaknya menggelar bazar dan membagikan Sembako murah kepada masyarakat kurang mampu.

"Kita membagikan ratusan paket Sembako murah kepada masyarakat kurang mampu, menggunakan kupon yamg nilainya mencapai Rp40 ribu per paket," ujarnya.

Dalam satu kupon paket sembako dijual Rp15 ribu itu isinya lima kilogram beras, minyak sayur, gula dan gandum masing-masing satu kilogram.

Pembagian sembako murah itu tujuannya hanya membantu masyarakat kurang mampu karena saat ini tengah merosotnya perekonomian.

Selain itu, diadakannya pengadaan bazaar juga bertujuan mempromosikan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Musirawas Utara.

Pada HUT tahun ini, pihaknya menyediakan 80 lapak yang 50 lapak di antaranya diberikan pada pedagang khusus mempromosikan produk unggulan pertanian, seperti jagung, umbi-umbian dan beras organik.

Sedangkan 30 lapak lainnya diberikan pada stand SKPD untuk memamerkan hasil binaannya, seperti topi dan tas yang terbuat dari kulit kayu, termasuk batu akik khas Kabupaten Musirawas Utara, ujarnya.