Jambi optimistis Danau Tujuh ditetapkan 'New9Wonderfull' Indonesia

id jambi, Danau Gunung Tujuh, danau tujuh, New9Wonderfull Indonesia, lembaga World Wonderful, Kabupaten Kerinci

Jambi optimistis Danau Tujuh ditetapkan 'New9Wonderfull' Indonesia

Pengunjung berada di kawasan wisata Danau Gunung Tujuh di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Kerinci, Jambi. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Jambi, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Jambi optimististis Danau Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, akan meraih penghargaan dan ditetapkan menjadi 'New9Wonderfull' Indonesia yang digelar lembaga World Wonderful (WoW).

"Danau Gunung Tujuh tidak diragukan lagi untuk tujuan wisatawan nusantara dan bahkan wisatawan mancanegara," kata Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Guntur di Jambi, Rabu.

Kendati Danau Gunung Tujuh tersebut akan bersaing dengan sejumlah danau terindah  di Indonesia, pihaknya tetap optimistis yang harus disertai dengan kerja keras antara Disbudpar provinsi dan kabupaten.

"Tentu harus ada kerja sama dan dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah, masyarakat dan komunitas-komunitas yang bergerak dibidang kepariwisataan," katanya.

Bahkan katanya, Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara  (1.996 mdpl) itu, berada diperingkat kedua menjadi idola yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara dan nusantara untuk menikmati keindahan alam di kawasan itu.

"Memang antusias wisatawan sangat tinggi untuk menikmati keindahan Danau Gunung Tujuh, bahkan dalam satu tahun wisatawan mancanegara yang berkunjung bisa mencapai sekitar 800 orang lebih dan belum lagi wisatawan nusantara yang jumlahnya ribuan," kata Guntur.

Selain itu, Guntur mengatakan, proses pemilihan atau drawing tersebut dilakukan secara independen yang nantinya akan diumumkan akhir Oktober 2016.

"Tinggal menunggu waktu untuk dilonching dan juga dari yayasan WoW sudah melihat dan tidak meragukan lagi," katanya.

Sekedar dektahui, Danau Gunung Tujuh yang berada di ketinggian atau puncak dari tujuh gunung eksotik itu masuk nominasi dan bersaing dengan danau Indah lainnya seperti Danau Toba, Danau Singkarak, Danau Sentarung, Danau Sentani, Danau Kalimutu untuk ditetapkan sebagai 'New9Wonderfull Indonesia'.