Persatuan zuriat Palembang satukan keturunan Palembang

id zuriat palembang, satukan keturunan palembang

Palembang (ANTARA Sumsel) - Persatuan Zuriat Palembang akan menyatukan keturunan Palembang di seluruh Indonesia dan manca negara sehingga bisa diketahui jumlahnya.

"Misi utama kita menyatukan segenap masyarakat zuriat/keturunan Palembang," kata Ketua Panitia Pelaksana Deklarasi Persatuan Zuriat Palembang (PZP), Mgs H Syaiful Padli di dampingi Pendiri PZP, R Irham Wijaya dan Ketua SC, H Mgs Zainal Abidin di Palembang, Selasa.

Menurut dia, PZP juga nantinya sebagai wadah menampung dan menyalurkan aspirasi keturunan Palembang kepada pemerintah dan Persatuan Zuriat Palembang.

Selain itu, sebagai mitra pemerintah dalam melestarikan aset-aset sejarah, adat, seni, budaya serta pariwisata Sumsel dan melestarikan aset-aset Kesultanan Palembang serta makam-makam leluhur zuriat Palembang, katanya.

Sementara pendiri PZP, R Irham Wijaya mengatakan, kalau tujuan dari organisasi itu untuk menyatukan zuriat Palembang yang tersebar di seluruh Tanah Air dan manca negara.

"Kita akan mendata keturunan Palembang di seluruh Indonesia dan manca negara sehingga nantinya diketahui berapa banyak jumlahnya," ujarnya.

Ia menyatakan, dengan hadirnya PZP itu dapat mendeteksi dan mendata secara akurat keturunan Palembang sehingga anak cucunya tidak berpencar-pencar.

Jadi, mereka yang ada di luar negeri nantinya bisa mendaftar melalui formulir disediakan dalam jaringan internet (online), sehingga diketahui secara akurat datanya, tuturnya.

Sementara mengenai program kerja PZP ke depan, ia mengharapkan sejarah Palembang masuk menjadi kurikulum di sekolah-sekolah sebagai muatan lokal dan bila perlu membuat buku sejarah Palembang.

Kemudian melakukan pendataan aset-aset sejarah dan makam-makam keturunan raja/Sultan Palembang dan kerabat-kerabat serta ulama-ulama Kesultanan Palembang.

Mengenai deklarasi PZP sendiri akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2015 di Masjid Darul Muttaqin Palembang, katanya.