Gubernur Sumsel tinjau pesawat asing padamkan kebakaran hutan

id kebakaran, kebakaran hutan dan lahan, helikopter, pesawat

Gubernur Sumsel tinjau pesawat asing padamkan kebakaran hutan

Pesawat Bombardir CL415 Water Boombing untuk membantu Indonesia mengatasi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan milik Tentara Udara Diraja Malaysia tiba di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin II, Palembang, Sumsel. (Fo

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meninjau pesawat bantuan Malaysia dan Singapura yang dipersiapkan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

Dalam tinjauan di Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara di Palembang, Selasa, Gubernur didampingi Kepala BNPB Willem R dan Wakil Komandan Satuan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Yulizar Dinoto.

Gubernur merasa sangat terbantu dengan adannya bantuan pesawat asing dalam penanggulangan bencana asap yang terjadi di daerah ini.

Apalagi titik api sulit dipadamkan karena lokasinya tidak bisa dijangkau operasi darat dan lahan gambut.

Oleh karena itu, bantuan pesawat bom air dari Singapura dan Malaysia tersebut sangat membantu.

Lebih lanjut, Gubernur mengatakan bahwa untuk operasi darat semuanya sudah bisa dipadamkan terutama yang dapat dijangkau.

Sementara itu, BNPB memfokuskan pemadaman di tiga lokasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir, yakni Cengal, Air Sugihan, dan Tulung Selapan.

Pemadaman itu dilakukan dengan menggunakan bom ar. Sebelumnya gubernur menghadiri rapat persiapan operasi darat dan udara untuk menentukan fokus pemadaman.