Makanan yang bisa perbaiki suasana hati

id jeruk, kacang, telur, sayuran, daging, ikan, makanan, perbaiki suasana hati, suasana hati

Makanan yang bisa perbaiki suasana hati

Buah jeruk (Foto Antarasumsel.com/Dolly)

....Ketimbang mengkonsumsi "junk food" saat stres, lebih baik mencoba makanan yang lebih sehat untuk membantu Anda lebih tenang....
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Ada beberapa makanan yang diketahui berkhasiat untuk memperbaiki suasana hati dan berikut lima makanan yang bisa memperbaiki suasana hati seperti dilansir Indian Express. 

1. Jeruk
Buah seperti jeruk, jeruk nipis dan lemon kaya kandungan vitamin C yang bisa mengurangi stres, simpul penelitian dalam jurnal Psychopharmacology pada 2002. 
Jadi, ketimbang mengkonsumsi "junk food" saat stres, lebih baik mencoba makanan yang lebih sehat untuk membantu Anda lebih tenang. 

2. Kacang, telur dan sayuran hijau
Makanan yang mengandung vitamin B mampu menciptakan neurotransmitter seperti serotonin dalam tubuh yang membantu pikiran lebih tenang dan mengurangi rasa cemas.

3. Daging, ikan dan kalkun
Ikan, daging dan kalkun mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Vitamin ini membantu menjaga homocysteine berada pada level rendah. Berdasarkan artikel Archieves of General Psychiatry, homocysteine dalam jumlah tinggi dapat menjadi indikator depresi terutama pada perempuan. 

4. Ikan dan benih lenan
Makanan terutama yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan tuna dan salmon, benih lenan dan minyaknya, bisa membantu tubuh melawan emosi negatif dan sebaliknya, akan mendatangkan dampak positif bagi suasana hati. 

5. Cokelat hitam
Sedikit asupan cokelat hitam bisa meningkatkan jumlah hormon endorfin tubuh. Hormon ini berhubungan dengan perasaan bahagia. 

(Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa)