Del Bosque kesulitan tentukan pungawa tim Spanyol

id Vicente del Bosque, pelatih timnas spanyol, spanyol, Cesc Fabregas, Isco, Thiago Alcantara, Sergio Busquets, Koke, Andres Iniesta, piala eropa 2016

Del Bosque kesulitan tentukan pungawa tim Spanyol

Ilustrasi (Reuters)

Kiev, (ANTARA/Reuters) - Pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque mengetahui dirinya menghadapi tugas berat dalam menentukan siapa yang dicoret dari tim berisi 23 pemainnya untuk bermain di Piala Eropa 2016, dengan banyaknya stok pemain di lini tengah.

Sang juara bertahan mengakhiri perjalanan mereka di kualifikasi Grup C dengan kemenangan 1-0 di Ukraina pada Senin, ketika Del Bosque memiliki kemewahan memainkan tim yang sarat pengalaman di mana Spanyol telah memastikan diri lolos sebagai juara grup.

Ketika delapan bek dan empat penyerang mungkin dapat lebih mudah dipilih, di antara para gelandang yang akan memperebutkan tempat di turnamen di Prancis tahun depan adalah Cesc Fabregas, Isco, Thiago Alcantara, Sergio Busquets, Koke, Andres Iniesta, Santi Cazorla, David Silva, Juan Mata, Javi Martinez, Mikel San Jose, dan Bruno Soriano.

Sebagian pemain itu akan menghuni timnas namun empat orang kelihatannya akan tersingkir ketika Spanyol mengejar gelar level benua untuk ketiga kalinya secara beruntun, setelah kesuksesan mereka pada 2008 dan 2012.

"Merupakan hal bagus bahwa kami dapat melihat pemain-pemain yang berbeda dan menguji apakah mereka akan dapat digunakan," kata Del Bosque pada konferensi pers di Stadion Olympic Kiev.

"Memilih 23 pemain akan menjadi suatu masalah, namun masih ada jalan panjang untuk dilalui," tambahnya.

"Kami memiliki dasar yang bagus, sejumlah pemain yang bagus, dan itu membuat tugas pelatih menjadi lebih mudah."
Kemenangan beruntun kedelapan Spanyol di kualifikasi membawa mereka meraih 27 angka dari sepuluh pertandingan, dan mereka telah menjalani delapan pertandingan kompetitif tanpa kemasukan untuk pertama kalinya.

Slowakia menyelesaikan kualifikasi dengan 22 angka dan Ukraina, yang akan menjalani playoff, dengan 19 angka, unggul delapan angka atas tim peringkat keempat Belarus.

Del Bosque memuji kiper David De Gea, yang menggantikan kapten Iker Casillas dan melakukan sejumlah penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang Ukraina.

De Gea merupakan suksesor alami Casillas, namun mantan kiper Real Madrid itu, yang sekarang membela Porto, akan tetap menjadi kiper nomor satu Spanyol pada turnamen yang kelihatannya akan menjadi turnamen terakhirnya.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)