KNTI sambut baik rencana penurunan harga solar

id knti, kesatuan nelayan tradisional indonesia, sambut baik rencana penurunan harga solar, bbm, harga bbm

KNTI sambut baik rencana penurunan harga solar

Ilustrasi - Distribusi BBM. (Foto Antarasumsel.com/13/Awi)

...Idealnya penurunan harga solar akan menambah margin keuntungan usaha nelayan dan petambak. Secara kuantitas akan mengurangi ongkos produksi...
Solo (ANTARA Sumsel) - Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) menyatakan pihaknya menyambut baik rencana Pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak jenis solar.
        
"Kami menyambut baik Pemerintah turunkan harga solar," kata Ketua Umum KNTI Riza Damanik, dalam rilisnya yang diterima di Solo, Kamis malam.
        
Riza Damanik mengatakan karena BBM jenis solar masih menjadi pilihan utama bagi kegiatan produksi perikanan baik tangkap maupun budidaya.
        
Menurut dia, idealnya penurunan harga solar akan menambah margin keuntungan usaha nelayan dan petambak. Secara kuantitas akan mengurangi ongkos produksi.
        
Namun, kata dia, pengurangan tersebut diperkirakan hanya akan sedikit berdampak pada pendapatan jika pemerintah tidak segera melakukan langkah operasional di tingkat kampung nelayan.
        
Dia mengatakan yang pertama dengan mengendalikan harga kebutuhan bahan pokok yang sudah terlanjur naik, dan kedua menjaga tata niaga produk perikanan tetap menguntungkan nelayan dan petambak.
        
Selain itu, lanjut dia, memastikan kontinuitas pasokan BBM Solar ke kampung-kampung nelayan, dan mengintrodusir teknologi penangkapan ikan untuk mendukung efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan BBM.
        
"Hal lain, yang perlu menjadi perhatian pemerintah adalah mengkonkretkan pengalihan BBM ke gas untuk nelayan," katanya.
        
Dia mengatakan maju mundurnya pemerintah dalam hal tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan ketidakpastian dalam berusaha dan berpeluang kontraproduktif dengan upaya peningkatan produksi dan kesejahteraan nelayan.