Bupati kukuhkan anggota Linmas pengamanan Pilkada

id linmas, pengukuhan lonmas

Bupati kukuhkan anggota Linmas pengamanan Pilkada

Bupati kukuhkan anggota linmas persiapan Pilkada OKU (Foto:antarasumsel.com/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pejabat Bupati Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Maulan Aklil, di Baturaja, Rabu, mengukuhkan 444 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang akan bertugas membantu mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

Ke-444 anggota Linmas itu, yakni 286 Hansip Linmas untuk masing masing 13 orang bagi 22 desa, dan 136 Linmas bagi 67 Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta 24 orang Linmas Kecamatan yang akan bertugas sesuai dengan fungsinya masing masing.

Maulan mengatakan, sebagai perpanjangan tangan pihak keamanan, tanggung jawab anggota Linmas sangatlah berat terutama dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayahnya masing masing terutama menjelang hingga sesudah pemilihan kepala daerah.

Selain itu, kata bupati, anggota Linmas juga punya tanggung jawab untuk mengajak masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban sekaligus mengawasi kondisi keamanan di desanya.

"Jika ada kejadian menonjol atau mencurigakan yang bisa mengancam keselamatan jalannya Pilkada, masyarakat harus segera lapor ke Linmas kecamatan atau Pihak Kepolisian," jelasnya.

Untuk Linmas TPS, lanjut dia, memiliki tanggung jawab penuh untuk mendeteksi sistem keamanan saat pemungutan suara berlangsung hingga diserahkannya kotak suara oleh petugas TPS sampai ke PPS.

"Intinya saudara semuanya punya tanggung jawab yang luar biasa dan tidak bisa dianggap remeh, kalau tidak siaga secara dini, Pilkada OKU pada 9 Desember nanti tidak akan berjalan lancar sesuai harapan sampai dilantiknya Bupati dan wakil Bupati terpilih," ungkapnya.

Menurut dia, sejak dipercaya selaku Pejabat Bupati OKU, ia telah mengukuhkan anggota Linmas yang kedua kalinya setelah sebelumnya melakukan hal yang sama yakni di Kecamatan Pengandonan.

Bahkan, lanjut dia, secara estafet Bupati OKU akan melantik Linmas lainnya di wilayah kecamatan masing masing yang ikut Pilkada.

"Saya sebagai orang baru tentunya harus paham satu-persatu kecamatan ini. Jadi biarlah saya yang datang sendiri sekaligus silaturahmi agar masyarakat bisa menerima saya sebagai sahabat atau keluarga," katanya.

Selain itu kalau turun langsung ke lapangan bisa melihat kondisi apa yang dikeluhkan masyarakat dan langkah apa yang harus dilakukan pemerintah untuk kemajuan masyarakat OKU, kata Maulan Aklil.