Palembang luncurkan Kartu Indonesia Sehat

id pemkot palembang, palembang, wali kota palembang, harnojoyo, kartu indonesia sehat, jaminan kesehatan masyarakat, bpjs kesehatan

Palembang luncurkan Kartu Indonesia Sehat

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com)

....pemegang KIS mendapatkan bantuan pembayaran iuran dari pemerintah dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang meluncurkan program Kartu Indonesia Sehat bagi 410.239 jiwa peserta program Jaminan Kesehatan Masyarakat yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Palembang, Senin. 

Peluncuran ini digelar di lapangan Panti Rehabilitasi Pengemis, Gelandangan, dan Orang Terlantar dengan dihadiri Wali Kota Palembang Harnojoyo yang memberikan kartu KIS secara simbolis ke peserta.

Wali Kota Palembang Harnojoyo dalam sambutannya mengatakan, pemegang KIS mendapatkan bantuan pembayaran iuran dari pemerintah dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

"Semoga program ini berjalan lancar, sehingga masyarakat miskin Palembang tidak kesusahan ketika sakit," kata dia.

Harnojoyo menambahkan bagi masyarakat tidak masuk kategori miskin diharapkan kesadarannya untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan membayar iuran secara mandiri.

"Dana pemerintah terbatas, jadi masyarakat yang mampu menolong yang kurang mampu, demikian prinsip bangsa ini yakni bergotong royong," kata dia.

Kepala Dinas Sosial Palembang Faizal AR mengatakan, untuk tahap awal, KIS akan dibagikan ke 21 ribu warga kategori miskin.

Sementara, sisanya akan dibagikan secara bertahap menunggu pencetakan kartu secara keseluruhan dari pemerintah pusat.

"Kali ini dibagikan 21 ribu kartu saja, sisanya dilakukan bertahap. Termasuk jika ada perubahan data, maka diimbau agar RT, lurah, atau camat untuk aktif memperbarui data warga penerima," kata dia.

Untuk tahap awal ini, Pemkot Palembang mendistribusikan 21.333 kartu terlebih dahulu dari total Penerima Bantuan Iuran (PBI) sebanyak 410.239 peserta.