Aneh, anggota Denpom TNI razia dompet tukang becak

id hut tni, anggota tni razia

Aneh, anggota Denpom TNI razia dompet tukang becak

Upacara peringatan HUT TNI (Foto Antarasumsel.com/Feny Sely)

Solo (ANTARA Sumsel) - Sejumlah anggota Detasemen Polisi Milier (Denpom) IV/4 Surakarta dan Polri menggelar kegiatan cukup unik, melakukan razia dompet tukang becak yang sedang melintas di depan markas Denpom IV, di Solo, Senin.

Sejumlah anggota TNI dan Polri melakukan kegiatan cukup unik tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-70 TNI dengan tujuan mendekatkan anggota TNI/Polri dengan rakyat.

Belasan orang tukang becak yang sedang melintas sempat kaget saat diamankan oleh sejumlah anggota TNI/Polri tersebut untuk diperiksa dompetnya. Anggota TNI/Polri ini, bukan memeriksa kartu identitas tukang becak, tetapi memeriksa apakah dompetnya kosong atau tidak.

Tukang becak yang diamankan kemudian disidang di tempat oleh salah satu anggota Denpom/4 Surakarta Kopral Kepala Pratika Subagyo Lelono selaku penggagas aksi itu.

Tukang becak tersebut yang dompetnya kosong atau tidak ada uangnya kemudian diberikan masing-masing Rp20 ribu per orang dan mereka juga diminta untuk makan terlebih dahulu sebelum melanjutkan bekerja.

"Saya sempat kaget karena sejak pagi hingga siang belum membawa penumpang, tetapi tahu-tahu diperiksa dompetnya oleh anggota TNI dan polisi," kata Wiryo (70) seorang kakek yang masih mengayun becaknya untuk mencari nafkah demi keluarganya.

Menurut Wiryo, dirinya bekerja sebagai tukang becak sejak 1963 hingga sekarang dan kini mangkal di depan Hotel Kusuma Sahid.

"Saya belum mendapat penumpang, dan sangat bersyukur ada razia dompet kemudian diisi uang sebesar Rp20 ribu dari anggota TNI. Terima kasih TNI dan selamat HUT semoga tetap jaya Indonesia," ucap Wiryo.  

Menurut anggota Denpom/4 Surakarta Kopral Kepala Pratika Subagyo Lelono bahwa aksi terhadap masyarakat terutama tukang becak merupakan dalam memperingati HUT Ke-70 TNI. Hal ini, agar TNI dan Polri tetap kompak menjalin bersama rakyat menjaga kerukukan, keamanan dan ketertiban.

Menurut Kopral Kepala Pratika Subagyo Lelono, kegiatan yang bertajuk "Operasi Dompet Kempes" tersebut, merupakan bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat.

"Kami kegiatan ini, juga mengandeng sejumlah anggota dari Polri sebagai wujud keberasamaan TNI dan Polri dalam memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat," tutur Subagyo.