Fiorentina rebut kembali puncak klasemen LIga Italia

id Fiorentina, liga italia seri a, klasemen liga italia, inter milan

Fiorentina rebut kembali puncak klasemen LIga Italia

Para pemain Fiorentina merayakan gol Nikola Kalinic ke gawang Inter Milan dalam Liga Italia Serie A. (Ist)

Milan, (ANTARA/AFP) - Gol-gol dari Josip Ilicic, Borja Valero, dan Joan Verdu mengamankan kemenangan 3-0 atas Atalanta ketika Fiorentina mempertahankan penampilan bagus mereka untuk unggul dua angka atas Inter Milan di puncak klasemen Liga Italia.

Pada hari di mana juara bertahan Juventus akhirnya mengakhiri pencarian mereka terhadap kemenangan kandang pertama dari empat kali upayanya, Fiorentina memperlihatkan bahwa kemenangan 4-1 yang mereka torehkan atas Inter Milan pekan lalu bukanlah kebetulan.

"Si Ungu" kini unggul dua angka atas Inter di mana Lazio, yang mendapatkan gol melalui Keita Balde dan Filip Djordjevic untuk mengamankan kemenangan 2-0 atas tamunya Frosinone, naik ke peringkat ketiga dengan tertinggal satu angka.

Roma menduduki peringkat keempat, tertinggal satu angka, sedangkan Napoli naik ke peringkat keenam, pasukan Maurizio Sarri kini tertinggal enam angka setelah menang 4-0 atas AC Milan di San Siro.

Allan membuka keunggulan pada menit ke-13 dan Lorenzo Insigne mencatatkan dua gol pada babak kedua, sebelum gol bunuh diri Rodrigo Ely pada menit ke-77 membuat para penggemar AC Milan meninggalkan San Siro ketika 'Tim Merah-Hitam' merasakan kekalahan terburuk mereka musim ini untuk tetap berada di peringkat ke-11, tertinggal sembilan angka dari tim pemuncak klasemen.

Napoli kini telah mengalahkan Lazio (5-0), Juventus (2-1), dan Milan yang memicu Sarri untuk berkata, "Ini merupakan kemenangan krusial bagi kami dan saya bangga dengan antusiasme yang diperlihatkan para pemain."
Banyak penggemar Fiorentina yang kebingungan ketika mantan pelatih FC Basel Paulo Sousa didatangkan untuk menggantikan Vincenzo Montella menyusul pemecatannya pada akhir musim lalu.

Namun sang pelatih asal Portugal, yang merupakan mantan gelandang yang pernah dua tahun membela Inter Milan, dengan cepat memenangi hati para penggemar dan pengamat.

Sepekan setelah melihat Ilicic mencetak gol pembukaan dan penyerang Kroasia Nikola Kilinic mencatatkan trigol saat menghancurkan Inter, Ilicic membukukan gol melalui titik putih pada menit keenam setelah Gabriel Paletta mendapatkan kartu merah akibat pelanggarannya terhadap Jakub Blaszczykowski.

Penyerang asal Spanyol Valero menggandakan keunggulan Fiorentina pada menit ke-34, dan Verdu masuk sebagai pemain pengganti untuk mengonversi assist Kalinic pada akhir laga ketika Fiorentina meraih kemenangan keenamnya dari tujuh pertandingan.

Ini merupakan start terbaik yang pernah ditorehkan Fiorentina dalam membuka musim dan Sousa, yang dengan tenang menepis pembicaraan mengenai gelar pada pekan lalu, berkata kepada Mediaset, "Para pemain menerapkan instruksi-instruksi saya dengan baik, terkadang lebih baik daripada yang saya harapkan."
"Mereka tahu bagaimana mendekati pertandingan-pertandingan bahkan ketika kami tidak memiliki waktu untuk persiapan. Penampilan-penampilannya bagus, para pemain penuh percaya diri dan hasil-hasil mengikuti." 
   Juara bertahan Juventus masih tertinggal sepuluh angka, namun kemenangan meyakinkan 3-1 atas tim promosi Bologna membantu membalik peruntungan "Tim Putih-Hitam" di tengah start yang buruk pada musim ini.

Pada Minggu, para penggemar mencemaskan "deja vu" ketika tembakan Anthony Mounier bergulir melewati Gianluigi Buffon pada menit kelima, meski blunder sang kiper jelas terlihat.

Namun tandukan dari Alvaro Morata menyamakan kedudukan pada menit ke-33 dan setelah penalti Paulo Dybala pada menit ke-53, Sami Khedira memastikan raihan tiga angka dengan gol perdananya di liga untuk klub asal Turin itu sepuluh menit kemudian untuk merestorasi keyakinan para penggemar.

Juve naik ke peringkat ke-12, tertinggal sepuluh angka, dan pelatih Massimiliano Allegri berkata, "Merupakan hal krusial untuk mendapatkan kemenangan pertama di kandang sendiri."
"Namun kami tidak memikirkan tentang defisit kami. Kami harus menghantam, bekerja keras, dan kami akan memiliki stok angka-angka saat Natal."
Pada Minggu sore Inter mendapatkan satu angka setelah bermain imbang 1-1 dengan Sampdoria, yang menyia-nyiakan banyak peluang bagus pada babak pertama sebelum Luis Muriel mencetak gol pembuka pada menit ke-51.

Gelandang asal Kroasia Ivan Perisic menyelamatkan Inter pada menit ke-75, ketika sepakannya melewati Emiliano Viviano yang mengawal gawang Sampdoria.

Sesama kandidat scudetto AS Roma menebus kekalahan 2-3 mereka dari BATE Borisov di Liga Champions dengan kemenangan 4-2 di markas Palermo, di mana Gervinho menyumbang dua gol untuk mengonfirmasi kembalinya ia ke penampilan terbaiknya setelah hampir satu tahun tidak membukukan gol di liga.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)