Gubernur minta masyarakat hemat listrik

id alex noerdin, gubernur sumsel

Gubernur minta masyarakat hemat listrik

Gubernur Alex Noerdin (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meminta seluruh lapisan masyarakat dan dinas di jajaran pemprov setempat untuk berhemat menggunakan listrik.

"Saya minta masyarakat hemat menggunakan energi listrik karena saat ini Sumsel kekurangan daya akibat kemarau sehingga pengoperasian pembangkit yang ada tidak optimal," kata gubernur di Palembang, Jumat.

Pihaknya mengimbau masyarakat hemat menggunakan listrik terutama saat beban puncak pada malam hari sesuai surat edaran telah dikeluarkan.

Menurut dia, hemat menggunakan listrik sesuai kebutuhan dan bila tidak perlu dimatikan. Jika siang hari lampu sebaiknya dimatikan dan mengurangi waktu penyalaan peralatan elektronik yang boros energi.

Sebelumnya Sekda Sumsel Mukti Sulaiman mengatakan, hemat listrik tersebut harus dengan kesadaran bersama sehingga lebih mudah diterapkan.

"Jangan sampai rumah tetangga menyalah, sementara yang lainnya diminta berhemat. Jadi harus adanya kesadaran bersama sehingga penggunaan listrik lebih efesien, kata dia.

Sementara GM PT PLN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (S2JB) Budi Pangestu mengajak masyarakat agar pemakaian listrik dikurangi terutama saat beban puncak.

"Sebaiknya menggunakan lampu 70 Watt saja sehingga lebih efesien," tambah dia.