Gubernur perintahkan camat jangan tinggalkan tempat

id gubernur, alex noerdin

Gubernur perintahkan camat jangan tinggalkan tempat

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (foto antarasumsel.com/Reno Esnir)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan sudah perintahkan camat di daerah yang sedang dan rawan terbakar hutan dan lahan jangan meninggalkan tempat.

"Camat di daerah yang sedang dan rawan terbakar tidak boleh meninggalkan tempat bersama para kepala desa (kades)," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Kamis.

Menurut dia, dirinya sudah perintahkan di tiga kabupaten yang rawan kebakaran di Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir, camat di daerah yang sedang dan rawan terbakar tidak boleh meninggalkan tempat bersama para kades.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dibagi habis di kabupaten itu untuk ikut membantu dengan segala daya dan sumber dayanya memadamkan api, karena kalau sampai gagal maka jabatan dicopot, katanya.

Ia mengatakan, itu pertama dilakukan di Ogan Ilir pejabat bupatinya sekarang ini merangkap kepala badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Sumsel terbaik, karena dalam waktu singkat Ogan Ilir zero asap.

Ini diberlakukan baik di Ogan Ilir dan Musi Banyuasin, bupati tidak boleh meninggalkan tempat, dan instruksi langsung gubernur.

"Saya minta kepada anggota dewan di masing-masing kabupaten ikut serta mengawasi bukan hanya mengomentari, mana SKPD dan para camat tidak efektif laporkan," ujarnya.

Ia menuturkan, hasil rapat kemarin memutuskan satgas-satgas di lapangan mereka memerlukan tambahan pompa air.

"Kita sudah minta 10 unit pompa dari Ogan Ilir dan 10 unit dari Musi Banyuasin serta dari Pemprov diambil dari dana tanggap darurat. Pompa ini hanya ada di Jakarta dan butuh waktu tiga hari untuk mendatangkan peralatan itu," tuturnya.

Kemudian masing-masing pompa tambahan selang 500 meter, katanya.