Pemprov Sumsel minta perusahaan investasi proyek besar

id pemprov sumsel, wakil gubernur sumsel, ishak mekki, perusahaan, investasi sumsel, bursa kerja sumsel, pembangunan, investor

Pemprov Sumsel minta perusahaan investasi proyek besar

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan minta kepada seluruh perusahaan untuk berinvestasi atau membangun proyek besar dalam meningkatkan perekonomian daerah.

Bukan itu saja dengan adanya pembangunan berskala besar seperti pabrik maka dapat menampung tenaga kerja di daerah ini, kata Wakil Gubernur H Ishak Mekki usai membuka bursa kerja Sumsel di Palembang, Selasa.

Yang jelas pihaknya mendorong agar investor lebih giat membangun proyek seperti pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel.

Ini bukan saja untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tetapi akan mampu menyerap tenaga kerja, kata dia.

Selain itu, kata dia, pihaknya mengimbau kepada dinas dan instansi minimal mengadakan proyek-proyek fisik seperti program padat karya.

Ini juga bisa menjadi solusi singkat karena proyek padat karya melibatkan masarakat banyak sehingga masyarakat mendapatkan penghasilan sampingan sesuai kapasitas dan keahliannya, kata dia.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumsel Dewi Irawati mengatakan, bursa kerja berlangsung dua hari 29-30 September 2015 dengan harapan selain dapat mengurangi angka pengangguran juga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegiatan tersebut sangat positif bagi masyarakat yang ingin mendapat kerja apalagi akhir-akhir ini pertumbuhan ekonomi melamban, ujar dia.

Namun, lanjut dia, walaupun demikian di Sumsel belum menunjukan adanya ancaman PHK besar-besaran oleh perusahaan dari dampak perlambatan ekonomi. 

Menurut dia, keadaan ekonomi di Sumsel juga tidak seperti di Batam atau di daerah sentra industri lainnya yang berpengaruh besar terhadap duni kerja.