Pasar 16 Ilir akan direvitalisasi jadi ikon wisata belanja

id pasar 16 ilir, pasar, ikon wisata belanja, wisata belanja, asian games 2016, wali kota palembang, harnojoyo, pemkot palembang

Pasar 16 Ilir akan direvitalisasi jadi ikon wisata belanja

Pasar 16 Ilir Palembang (Foto:antarasumsel.com/15/M. Deden Baihaqi)

....Tidak hanya dari sisi bangunan fisiknya, pasar 16 juga akan ditingkatkan kebersihan dan keamanannya. Jika bisa, pasar ini tutup malam sekitar jam 22.00 WIB, jadi geliat ekonominya benar-benar terasa....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, akan direvitalisasi untuk dijadikan ikon wisata belanja pada saat menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 pada 2018.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Senin, mengatakan sudah saatnya pasar yang berada di pinggir Sungai Musi itu direvitalisasi menjadi lebih modern sehingga dapat dijadikan pusat belanja para tamu atau pendatang pada saat Asian Games mendatang.

"Tentunya akan diperbaiki, supaya layak dan pantas. Pemkot akan mengajak pihak swasta bekerja sama," kata Harno seusai memimpin rapat koordinasi dengan seluruh SKPD terkait persiapan Asian Games.

Ia mengatakan pasar yang sudah berdiri selama puluhan tahun itu akan ditingkatkan sarana dan prasarananya seperti pembuatan eskavator dan gedung parkir.

"Tidak hanya dari sisi bangunan fisiknya, pasar 16 juga akan ditingkatkan kebersihan dan keamanannya. Jika bisa, pasar ini tutup malam sekitar jam 22.00 WIB, jadi geliat ekonominya benar-benar terasa," ujar dia.

Sementara ini, pasar 16 ilir dikelola oleh perusahaan swasta dengan menganut sistem BOT dengan pemkot Palembang.

Pasar itu sendiri akan diambil alih oleh Pemkot pada 1 Januari 2016 seiring dengan berakhirnya kontrak kerja sama.

"Akan ditinjau ulang, apakah melanjutkan kerja sama atau tidak. Jika lebih menguntungkan dengan swasta maka akan dilanjutkan, tapi jika rugi maka akan diambil alih," kata dia.

Pasar 16 Ilir menjadi pasar terbesar di Palembang yang menjadi tujuan belanja warga Palembang dan sekitarnya. 

Pasar ini juga menjadi pilihan para pendatang seperti dari Singapura, Malaysia, dan Thailand untuk berbelanja.