Harga ikan gabus naik tajam

id ikan gabus, harga ikan gabus naik

Harga ikan gabus naik tajam

Ikan snakehead atau ikan gabus (Foto IST)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga ikan gabus di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, Rabu atau menjelang pelaksanaan Idul Adha 1436 Hijriyah mengalami kenaikan tajam dari Rp40 ribu menjadi Rp55 ribu per kilogram.

"Harga ikan air tawar jenis gabus mengalami kenaikan sudah beberapa hari ini menjelang Idul Adha," kata Jumiati, salah seorang pedagang ikan air tawar di Palembang, Rabu.

Menurut dia, harga ikan gabus itu mengalami kenaikan, karena memang pasokannya sedikit dari daerah.

Kalau hari biasa untuk ukuran ikan gabus yang sedang harganya Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per kilogram, sedangkan sekarang naik menjadi Rp55 ribu per kg.

Sementara kalau ukuran ikan gabus yang besar tentunya harganya akan lebih tinggi lagi, katanya.

Ia mengatakan, selama ini dirinya bisa menjual ikan gabus itu dengan harga murah, karena memasoknya langsung dari daerah asalnya Ogan Ilir dan membeli dalam jumlah banyak.

Sedangkan beberapa hari terakhir ini dirinya memasoknya dari Pasar 10 Ulu Palembang untuk dijual kembali di pasar pagi Bukit ini, tuturnya.

Sementara di pasar lainnya, harga ikan gabus dijual Rp65 ribu per kilogram untuk ukuran yang agak besar.

Menurut Yanti, salah seorang warga menyatakan, harga ikan gabus menjelang lebaran haji ini mengalami kenaikan, karena jumlah peminatnya cukup banyak.

"Kita membeli ikan ini untuk membuat tekwan dan pempek guna disajikan pada lebaran haji nanti," katanya.

Ikan air tawar jenis gabus ini merupakan primadona bagi warga Palembang sebagai bahan baku utama membuat makanan khas pempek.