DKP Sumsel: Bantuan kapal nelayan dialokasikan 2016

id dkp sumsel, dinas kelautan semsel, dinas perikanan sumsel, kapal nelayan, kapal, bantuan, nelayan

DKP Sumsel: Bantuan kapal nelayan dialokasikan 2016

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

....Bantuan kapal bagi kelompok nelayan ini pada tahun ini terpaksa ditiadakan terkait efisiensi anggaran pemerintah provinsi. Tapi, berkat usulan dari pemprov ke kementerian, pada tahun depan diharapkan masuk DAK....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Selatan kembali akan memberikan bantuan sarana dan prasarana kapal ke kelompok nelayan pada tahun 2016.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel Galamda Israk di Palembang, Selasa, mengatakan, bantuan ini dapat dilanjutkan kembali karena pemerintah di tingkat pusat akan memberikan Dana Alokasi Khusus ke beberapa daerah.

"Bantuan kapal bagi kelompok nelayan ini pada tahun ini terpaksa ditiadakan terkait efisiensi anggaran pemerintah provinsi. Tapi, berkat usulan dari pemprov ke kementerian, pada tahun depan diharapkan masuk DAK," kata Galamda.

Ia mengemukakan, pada 2015 pemprov menurunkan alokasi dana bantuan sarana dan prasarana perikanan sehingga tidak memungkinkan untuk membeli empat unit kapal berkapasitas 30 GT seperti tahun 2014.

Lantaran itu, bantuan sarana dan prasarana perikanan diganti dengan pakan ternak, benih ikan, serta alat tangkap seperti jaring dan sarana lain seperti akuarium dan kolam terpal.

"Sejauh ini bantuan diserap secara baik oleh kelompok nelayan di Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Ogan Komering Ilir, untuk upaya peningkatan produksi," ujar dia.

Ia mengemukakan, pemberian beragam bantuan ini diharapkan mendongkrak produksi perikanan di Sumsel yang ditargetkan meningkat seribu ton pada 2015.

Sementara ini, produksi perikanan dari perairan tangkap di Sumsel mencapai 97 ribu ton per tahun dari luas areal sekira 2,5 hektare.

Sedangkan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2015-2018, produksi perikanan Sumsel dipatok menembus 99 ribu ton.

"Produksi ikan Sumsel sedang digenjot karena diakui belum tergarap dengan maksimal. Pada tahun ini ditargetkan meningkat menjadi 98 ribu ton," kata dia.

Luas perairan umum Sumsel terdiri atas 11 sungai dan 49 anak sungai dengan total panjang 920 km. 

Jika digabung dengan perairan daratan yakni rawa, lebak, dan tambah maka perairan Sumsel menjadi yang terluas di Indonesia dengan 221 jenis ikan.