Mahasiswa tuntut KPU tingkatkan kinerja Pilkada

id kpu, tingkatkan kinerja pilkada

Mahasiswa tuntut KPU tingkatkan kinerja Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sejumlah mahasiswa dan kepemudaan melakukan aksi damai di kantor KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan menuntut lembaga itu agar meningkatkan kinerja persiapan menghadapi Pilkada serentak 9 Desember 2015.

Peningkatan kinerja KPU itu dimaksudkan untuk meminimalisir jumlah pemilih golongan putih khususnya di kalangan mahasiswa dan para pemuda di daerah itu, kata koordinator aksi, Peru di Baturaja, Senin.

Selain itu, para peserta aksi damai tersebut mengharapkan menemukan solusi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada calon bupati/wakil bupati Ogan Komering Ulu (OKU), 9 Desember mendatang.

Sementara, Arya salah seorang anggota aksi lainnya menambahkan, kedatangan mereka ke KPU menyatakan siap memberikan ide-ide demi kelancaran Pilkada mendatang.

"Selain itu kami juga menanyakan keberadaan relawan demokrasi pada Pilkada mendatang, dan juga meminta dilibatkan sebab angka golongan putih di kalangan mahasiswa pada Pilkada mendatang diperkirakan sangat tinggi," katanya.

Sementara, Yudi Resandi, devisi Sosialisasi KPU OKU menyatakan menyambuat baik kedatangan para mahasiswa dan kepemudaan tersebut, dirinya menerangkan apa yang telah disampaikan tersebut.

Menurut dia, apa yang disampaikan para mahasiswa dan pemuda tersebut akan ditindaklanjuti, namun apapun yang diputuskan tidak bisa secara cepat, sebab harus melewati beberapa rangkaian dan pleno.

Namun demikian, kata dia, sejauh ini belum ada kendala dan semua tahapan Pilkada termasuk sosialisasi sudah djalankan dengan baik.

Terkait relawan demokrasi, menurut Yudi, dalam tahapan Pemilu maupun Pilkada setiap tahun berubah dan tergantung anggaran yang didapat.

"Itu sudah kita usulakn namun untuk relawan demokrasi tahun ini tidak ada," katanya.