Angkasa Pura perluas bandara SMB II

id angkasa pura, bandara, perluasan bandara, bandara smb ii, bandara palembang,

Angkasa Pura perluas bandara SMB II

Perluasan Bandara SMB Palembang (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

....Perluasan bandara dengan kapasitas tambahan sebesar 32 persen dari sebelumnya hanya dua juta orang menjadi 3,6 juta penumpang per tahun....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - PT Angkasa Pura II mulai memperluas Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II untuk menyambut pelaksanaan Asian Games yang diselenggarakan di Jakabaring, Palembang 2018.

Bandara tersebut akan dikembangkan dengan luas lahan 310,76 hektare yang diperkirakan selesai sebelum tahun 2018, kata General Manager PT Angkasa Pura II, Iskandar Hamid, di Palembang, Senin.

Ia menjelaskan perluasan bandara dengan kapasitas tambahan sebesar 32 persen dari sebelumnya hanya dua juta orang menjadi 3,6 juta penumpang per tahun.

Menurut dia, pengembangan dan perluasan bandara ini terbagi menjadi tiga tahap mulai dari landasan pacu, terminal penumpang dan gudang kargo yang akan menghabiskan dana sekitar Rp18,3 miliar.

Sementara, pengembangan bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II meliputi tiga paralel "taxiway" yang akan diperpanjang menjadi 165 X 23 meter dari sebelumnya 42 X 31,5 meter, terminal menjadi 88.221 meter persegi dari sebelumnya 16.700 meter persegi, serta gudang kargo menjadi 2.234 meter persegi yang sebelumnya 400 meter persegi.

Menurut Iskandar Hamid, kondisi sekarang di bandara tersebut pergerakan penumpang maksimum 13 ribu orang per hari, dengan perluasan ini akan meningkat menjadi 15 ribu penumpang per hari.

Selain itu, Angkasa Pura II juga menambah kapasitas dari 18 konter cek in menjadi 34 konter yang saat ini sudah memasuki 68 persen pengerjaan.

Ia berharap dengan perluasan koridor keberangkatan domestik maupun internasional akan meningkatkan pelayanan serta kenyamanan penumpang, terutama saat perhelatan akbar Asian Games 2018.

Pada perhelatan akbar itu, Sumsel akan menjamu utusan sekitar 45 negara di Asia, katanya.