Kemenag siapkan hewan kurban Idul Adha

id sapi, kurban sapi

Kemenag siapkan hewan kurban Idul Adha

Hewan kurban Idul Adha (Foto antarasumsel.com)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan, menyiapkan tiga ekor hewan kurban untuk disebelih pada Idul Adha 1436 Hijriyah.

Hewan kurban itu adalah hajat pegawai yang ingin membagikan daging kepada masyarakat kurang mampu di wilayah tersebut, kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Musirawas, Muhammad Abdu, Minggu.

Ia mengatakan, jumlah hewan kurban para pegawai Kemenag itu menurun dari sebelumnya mencapai sepuluh ekor, demikian juga jumlah kurban dari masyarakat Musirawas pada 2015 ini akan berkurang.

Pada tahun lalu jumlah hewan kurban yang disembelih di daerah itu mencapai ratusan ekor, namun tahun ini turun mencapai 50 persen akibat krisis yang melanda masyarakat daerah setempat.

Pada tahun lalu masyarakat berkurban menyembelih sapi, kerbau dan kambing, tahun ini kelihatannya untuk kurban sapi dan kerbau sangat minim karena masyarakat cendrung menjual hewan itu untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Kalau mengandalkan hasil perkebunan dan pertanian mereka tidak bisa menyekolahkan anak dan menghidupi keluarga, karena harganya tidak seimbang dengan harga kebutuhan pokok, ujarnya.

Sementara mengenai jadwal shalat ID sudah dipastikan jatuh pada 24 September 2015 dan bersamaan dengan semua umat muslim lainnya, karena berbeda dengan waktu shalat Idul Fitri kadang kala ada perbedaan waktu.

Khusus untuk kegiatan shalat bagi jajaran Pemerintah daerah Kabupaten Musirawas Pj Bupati dan jajarannya sendiri, akan berlangsung di Masjid Darussalam Agropolitan Center Muara Beliti.

Kemudian selanjutnya akan mengadakan potong hewan kurban di masjid masing-masing, mamun khusus pemda ia belum mengetahui apakah ada atau tidak serta berapa banyak hewan yang disiapkan.

Ia mengimbau, masyarakat dapat mengambil hikmah dan makna dari Idul Adha sendiri, kemudian bagi umat yang mampu untuk berkurban agar dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Di samping itu bagi panitia kurban juga diimbau agar nantinya dapat membagikan secara merata kepada fakir miskin yang berhak menerima, untuk masyarakat yang berkurban sendiri maka dapat memilih hewan sehat dan memenuhi anjuran islam, ujarnya.