Pangdam apresiasi perusahaan swasta bantu padamkan api

id api, padamkan api

Pangdam apresiasi perusahaan swasta bantu padamkan api

Pembangunan kanal di lahan gambut menampung air musim kemarau (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Purwadi Mukson memberikan apresiasi cukup tinggi kepada perusahaan perkebunan swasta yang turut serta membantu TNI dalam upaya memadamkan api kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

Berdasarkan pantauan udara yang dilakukan oleh Pangdam beberapa perusahaan perkebunan swasta telah melakukan penyekatan kanal gambut di sekitar areal pabrik, sehingga bila terjadi kebakaran api tidak bisa meluas, kata Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Purwadi Mukson di Palembang, Jumat.

Menurut dia, beberapa perusahaan telah melakukan penyekatan kanal itu antara lain PT Bumi Andalas di Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumsel.

Penyekatan kanal lahan gambut dengan lebar 16 meter bertujuan untuk mencegah pengeringan gambut yang nantinya dapat menyebabkan potensi kebakaran serta menyebar ke areal lain.

Sementara, pihak perusahan perkebunan swasta memfasilitasi 137 unit alat besar bersama prajurit TNI membuat sekat kanal sebagai antisipasi percepatan pengendalian pemadaman kebakaran di lahan gambut.

Pangdam berharap, keterlibatan swasta ini dapat mempercepat penanggulangan kebakaran lahan dan hutan khususnya di Sumatera Selatan.

Hal tersebut, kata dia, karena Sumsel merupakan salah satu kawasan terparah kebakaran hutan dan lahan di Indonesia dengan membakar belasan ribu ha.

Ia berharap, agar dampak kebakaran hutan dan lahan tersebut tidak merusak ekosistem khususnya di Taman Nasional Sembilang Kabupaten Ogan Komering Ilir, serta mengurangi gangguan bagi masyarakat yang disebabkan kabut asap.