Tips memilih hewan kurban sehat

id hewan kurban, idul adha, dokter hewan, tips, memilih hewan kurban, sapi, domba, kambing

Tips memilih hewan kurban sehat

Ilustrasi - Disnakkan OKU periksa kesehatan hewan kurban dijual pedagang (Foto Antarasumsel.com/Edo Purmana)

....Bulu-bulunya harus mengkilap atau bulunya tidak berdiri karena kalau berdiri maka hewannya cacingan....
Bandung, (ANTARA Sumsel) - Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PHDI) Cabang Jabar I memberikan sejumlah tips bagi masyarakat yang akan membeli hewan kurban untuk Idul Adha agar mendapatkan hewan ternak yang baik dan sehat.

"Tips memilih hewan kurban yang sehat secara kasat mata pertama ialah bulu-bulunya harus mengkilap atau bulunya tidak berdiri karena kalau berdiri maka hewannya cacingan," kata Ketua PHDI Cabang Jabar I Sri Mujiariningsih, di Bandung, Jumat.

Ditemui menghadiri acara pelepasan Tim Pemeriksa Hewan Kurban Tahun 2015, di Halaman Gedung Dinas Peternakan Jabar, Sri mengatakan tips kedua memilih hewan kurban yang baik dan sehat ialah gerakan hewan tersebut lincah.

"Ketiga ialah selaput lendir yang keluar dari hidung, anus, mata harus berwarna merah muda tidak ada keluar lelehan warna hitam," kata dia.

Tips terakhir memilih hewan kurban yang baik dan sehat adalah suhu tubuhnya harus antara 39-40 derajat celcius.

"Kalau di atas 39 atau 40 derajat celcius atau suhunya 40,5 derajat celcius maka sapi itu mulai demam, curiga ada penyakit," kata dia.

Sementara itu, untuk syarat sah kurban bagi domba/kambing ialah bisa dilihat dari jumlah gigi tetapnya yakni berjumlah dua.

"Kalau domba/kambing gigi tetapnya dua maka artinya umurnya sudah lebih dari satu tahun. Sedangkan untuk sapi atau kerbau gigi tetap sepasang maka sudah berumur dua tahun," kata dia.