Gubernur minta orang tua awasi anak

id gubernur sumatera selatan, sumsel, alex noerdin, anak, siswa, liburan sekolah, sekolah

Gubernur minta orang tua awasi anak

Siswa diliburkan terkait kabut asap (Foto Antarasumsel.com/Fenny Selly/15)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin minta kepada orang tua untuk mengawasi anaknya selama sekolah diliburkan supaya mereka tidak banyak ke luar rumah.

"Jangan sampai saat libur tersebut siswa kebanyakan berada di luar rumah seperti jalan-jalan ke super market," kata gubernur kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Menurut dia, karena tujuan libur tersebut untuk memgurangi aktivitas di luar selama adanya kabut asap.

Jadi ini merupakan tugas orang tua untuk mengawasi anak-anak tersebut supaya libur dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

Pengawasan tersebut memang menjadi tugas utama orang tua masing-masing karena mereka yang lebih mengetahui keberadan anak-anaknya, kata dia.

Yang jelas bila pengawasan dibebankan kepada guru itu kurang efektif karena mereka tidak mengetahui keberadaan murid tersebut, ujar dia.

Sebenarnya murid tersebut masih harus belajar di rumah supaya nantinya pelajaran tidak tertinggal.

Memang, menurut gubernur, sebenarnya tugas bersama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik guru, orang tua dan pemerintah.

Hal ini karena kualitas sumber daya manusia akan semakin berkualitas bila ada dorongan bersama, kata gubernur.

Sebagaiman siswa sekolah di Palembang mulai diliburkan sejak Kamis (10/9) hingga Sabtu (12/9) terkait adanya kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Siswa hanya tidak datang ke sekolah tetapi mereka harus belajar di rumah masing-masing selama libur.