Harnojoyo dilantik jadi Wali Kota Palembang

id wali kota, harnojoyo

Harnojoyo dilantik jadi Wali Kota Palembang

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/15/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksana Tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo resmi menjadi wali kota setelah dilantik oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Graha Bina Praja, Palembang, Kamis siang.

Pelantikan ini diawali dengan pembacaan SK Mendagri terkait pemberhentian Harnojoyo sebagai wakil wali kota kemudian pengangkatannya menjadi wali kota.

Kemudian pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan berita acara, dan pembacaan naskah pelantikan oleh Alex Noerdin.

"Saya percaya saudara dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan yang ada," kata Alex dalam naskah pelantikan dan dilanjutkan dengan penandatangan fakta integritas.

Pelantikan ini turut juga dihadiri pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang.

Terdapat juga, mantan pejabat seperti mantan Wali Kota Palembang Husni Thamrin, Ketua  DPR RI Syofwattilah Mozaib, Kajati Sumsel T Suhaimi, Sultan Iskandar, Sultan Mahmud Badaruddin III.

Sebelumnya DPRD Palembang mengadakan sidang paripurna terbuka pada 6 Agustus 2015 telah memberhentikan Wali Kota Palembang Romi Herton terkait telah inkrah-nya keputusan pengadilan atas tindakannya menyuap Ketua MK Akil Mochtar.

Kemudian, DPRD menyurati pemprov untuk segera meminta Mendagri membuat keputusan atas jabatan wali kota ini, yakni dengan menunjuk Harnojoyo selaku pelaksana tugas untuk mengantikan Romi Herton.

Lalu, hanya berselang beberapa hari Gubernur Sumsel meneruskan surat DPRD Palembang itu ke Kemendagri.

Kemudian, pada Rabu (9/9) pemprov menerima surat SK Mendagri terkait pelantikan Harnojoyo sebagai Wali Kota Palembang hingga masa jabatan berakhir pada 2019.