Wali Kota Palembang dilantik siang ini

id harnojoyo, wali kota

Wali Kota Palembang dilantik siang ini

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/15/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksana tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo dijadwalkan dilantik menjadi wali kota oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Griya Agung, Kamis, pukul 14.00 WIB.

Kepastian ini diperoleh dari jadwal kerja Pelaksana tugas Wali Kota Palembang yang dirilis bagian humas pemkot.

Sebelumnya DPRD Palembang mengadakan sidang paripurna terbuka pada 6 Agustus 2015 telah memberhentikan Wali Kota Palembang Romi Herton terkait telah inkrah-nya keputusan pengadilan atas tindakannya menyuap Ketua MK Akil Mochtar.

Kemudian, DPRD menyurati pemprov untuk segera meminta Mendagri membuat keputusan atas jabatan wali kota ini, yakni dengan menunjuk Harnojoyo selaku pelaksana tugas untuk mengantikan Romi Herton.

Lalu, hanya berselang beberapa hari Gubernur Sumsel meneruskan surat DPRD Palembang itu ke Kemendagri.

Kemudian, pada Rabu (9/9) pemprov menerima surat SK Mendagri terkait pelantikan Harnojoyo sebagai Wali Kota Palembang hingga masa jabatan berakhir pada 2019.

Harnojoyo merupakan pasangan Romi Herton dalam Pilkada Palembang bertanding melawan pasangan Sarimuda dan Nelly Rasdiana.

KPU Kota Palembang telah menetapkan bawah pemenang pilkada yakni pasangan Sarimuda-Nelly yang unggul hanya delapan suara, kemudian pasangan Romi-Harno menggungat ke MK karena menilai terjadi penggelembungan suara.

Kemudian, MK memenangkan pasangan Romi-Harno dan dilantik sebagai wali kota dan wakil wali kota pada 21 Juli 2013.

Kemudian pada 2 Oktober 2013, Ketua MK Akil Muchtar tertangkap tangan menerima suap pilkada terkait pilkada Lebak, Banten, yang akhirnya turut menyeret Romi Herton dalam kasus serupa karena terbukti menyuap senilai Rp19,5 miliar.

Kasus ini sempat menjadi polemik di masyarakat karena lahirnya putusan MA nomor 04/KHS/2014 tanggal 3 Desember 2014 yang membatalkan Romi-Harno menjadi orang nomor satu di Palembang.