Tim atlet panjat dinding incar tiket PON Jabar

id panjat dinding, incar tiket pon

Tim atlet panjat dinding incar tiket PON Jabar

Atlit panjat dinding (Foto Antarasumsel.com/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim panjat dinding Sumatera Selatan mengincar tiket ke Pekan Olahraga Nasional Jawa Barat tahun 2016 pada ajang Pekan Olahraga Wilayah IX Bangka Belitung, November 2015.

Pelatih Tim Panjat Dinding Sumatera Selatan, Rustam Afandi di Palembang, Selasa, mengatakan, sebanyak 20 atlet telah disiapkan dalam latihan intensif untuk mendapatkan tiket ke ajang multicabang olahraga paling bergengsi di Tanah Air itu.

"Tak tanggung-tanggung, tim Sumsel mematok target juara umum di Porwil karena peluang sangat terbuka dari 23 nomor yang dipertandingkan," kata dia.

Ia mengemukakan, sejumlah atlet telah mampu bersaing di kancah nasional sejak dua tahun terakhir.

Sementara, untuk level Sumatera bisa dikatakan menjadi yang terbaik, kata Rustam.

"Saingan kemungkinan besar dari tiga provinsi yakni tuan rumah Babel, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Tapi, saya optimistis anak-anak akan mampu karena sudah berlatih keras di pemusatan latihan dalam enam bulan terakhir," kata dia.

Untuk itu, ia berani menargetkan setidaknya meloloskan 5 nomor dari perorangan dan beregu.

"Tim sendiri dibebankan untuk meraih tiga medali emas di ajang Porwil nanti, harapannya bisa lebih sehingga semakin membuka peluang di PON Jabar," kata dia.

Sementara itu, prestasi panjat dinding Sumsel mulai menanjak sejak fokus membina pada 2004 ketika daerah menjadi tuan rumah PON XVI.

Dua orang atlet tercatat telah menunjukkan prestasi yakni M Hinayah dengan masuk Tim Nasional SEA Games lalu dan Alimin Nurdin yang menjadi peringkat empat nasional.

Kemudian, seiring dengan keberadaan arena panjat dinding berstandar internasional di Kompleks Olahraga Jakabaring, Sumsel mulai kebanjiran talenta muda usia 7-14 tahun, kata dia.