Kapal cepat diizinkan berlayar dengan kewaspadaan tinggi

id kapal cepat, pelabuhan boom baru, laut, kabut asap, jarak pandang, nakodah, angkutan laut, bmkg

Kapal cepat diizinkan berlayar dengan kewaspadaan tinggi

Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

....Kapal cepat masih diizinkan melayani pengguna jasa angkutan laut tersebut dalam status kewaspadaan tinggi, karena jarak pandang masih dalam batas aman untuk pelayaran....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kesatuan Petugas Laut dan Pantai di Pos Penjagaan Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan mengizinkan kapal cepat tujuan Palembang-Bangka berlayar seperti biasanya dengan kewaspadaan tinggi.

Dalam kondisi cuaca berkabut asap akhir-akhir ini, kapal cepat masih dizinkan beroperasi secara normal namun nahkodanya diingatkan lebih berhati-hati serta memperhatikan keselamatan awak kapal dan penumpang, kata anggota Kesatuan Petugas Laut dan Pantai (KPLP) Apran di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, kapal cepat masih diizinkan melayani pengguna jasa angkutan laut tersebut dalam status kewaspadaan tinggi, karena jarak pandang masih dalam batas aman untuk pelayaran.

Meskipun tetap diizinkan berlayar secara normal, jika dalam kondisi jalur pelayaran dirasakan tidak cukup aman diminta kepada nahkoda untuk tidak ragu-ragu memutuskan kembali ke pelabuhan pemberangkatan atau membatalkan pelayaran.

Keputusan yang tepat diserahkan sepenuhnya kepada nahkoda, dengan pertimbangan jika tetap dipaksakan berlayar dalam kondisi terhalang kabut asap pekat bisa mengalami kecelakaan dan dapat menimbulkan banyak korban, katanya. 

Menurut dia, kondisi cuaca pada musim kemarau September 2015 ini wilayah Kota Palembang dan sejumlah daerah Sumsel lainnya diselimuti kabut asap yang cukup pekat dampak kebakaran hutan dan lahan.

Meskipun demikian, pemberangkatan kapal cepat dari Pelabuhan Boom Baru Palembang ke Muntok Bangka dan sebaliknya hingga kini masih berjalan cukup lancar, satu kapal cepat milik Sumber Bangka dan Express Bahari setiap harinya secara bergiliran berlayar melayani penumpang dan pengiriman paket barang, kata Apran.

Sebelumnya Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel Indra Purnama, menjelaskan kondisi cuaca di perairan Selat Bangka kini cukup aman bagi pelayaran semua kapal rute Palembang-Bangka.

"Perairan Sungai Musi hingga Selat Bangka saat ini tergolong aman bagi pelayaran, gangguan kabut asap terjadi pada pagi hari namun ketika matahari mulai bersinar jarak pandang mulai cukup jauh dan tergolong aman untuk pelayaran," ujar Indra.