Disperindag bantu peralatan penunjang kepada IKM

id permana, kadisperindag sumsel

Disperindag bantu peralatan penunjang kepada IKM

Permana (Foto Antarasumsel.com/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan menyalurkan bantuan sejumlah peralatan sarana penunjang kepada kelompok usaha industri kecil menengah di daerah tersebut dalam upaya menumbuh-kembangkan usahanya.

Kelompok usaha industri kecil menengah (IKM) yang mendapat bantuan itu antara lain industri tenun maupun industri kecil kerajinan tangan dalam bentuk wadah kelompok usaha bersama (KUB), kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel, Permana di Palembang, Sabtu.

Dikemukakannya, penyaluran bantuan sarana penunjang itu untuk memperlancar produktivitas yang dihasilkan dari industri kecil dan menengah dikelola oleh masyarakat.

Ia juga berharap, melalui bantuan tersebut dapat melahirkan wirausaha baru dalam meningkatkan pertumbuhan roda ekonomi masyarakat di Sumatera Selatan.

Dijelaskannya, bantuan itu diberikan kepada 34 kelompok usaha bersama industri kecil menengah di Sumsel, berupa 10 unit peralatan mesin obras, lima unit gerindra tangan, lima unit alat pemotong batu, lima unit alat pemoles batu, 10 unit mesin jahit serta lima unit peralatan penenun songket.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah mempercepat pertumbuhan IKM yang ada di Sumsel saat ini, karena dinilai dapat menimbulkan perkembangan baru di sektor industri non agro, dan minimal sebagai tambahan pendapatan perekonomian keluarga, kata Permana.

Menurut dia, di Sumatera Selatan terdapat 33 rubu unit IKM, dan yang tumbuh baru mencapai tiga persen per tahunnya dengan berbagai macam bidang usaha ditekuni.

Ia berharap, di Sumsel dapat lebih berkembang di tahun mendatang dengan semakin kreatif masyarakat dalam mengembangkan usahanya, serta melahirkan wirausaha baru di kelompok usaha bersama yang dikelola oleh masyarakat setempat.