Legislator: pemerintah kerja sama atasi kebakaran

id kebakaran, kebakaran hutan

Legislator: pemerintah kerja sama atasi kebakaran

Foto udara kebakaran lahan di Kec Tulung Selapan Kab Ogan Komering Ilir, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Selatan berharap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk bekerja sama dengan masyarakat di berbagai desa guna mengatasi kebakaran lahan pada saat musim kemarau.

Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Selatan Eddy Rianto di Palembang, Jumat menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai kabut asap yang terjadi di provinsi tersebut pada saat musim kemarau seperti sekarang ini.

Menurut dia, pada saat terjadi musim kemarau seperti sekarang ini bila perlu ada masyarakat siaga api, sehingga bila terjadi kebakaran lahan cepat dipadamkan.

Dengan begitu, diharapkan bisa membantu mengatasi kabut asap yang sering terjadi pada saat musim kemarau, katanya.

Ia mengatakan, selain itu dirinya mendukung penambahan anggaran dalam mengatasi kabut asap yang terjadi di Sumsel demi kepentingan masyarakat banyak.

"Kalau bisa anggarannya lebih besar, kalau memang itu untuk kepentingan masyarakat banyak," ujar wakil rakyat tersebut.

Ia berharap, pada anggaran tahun 2016 besaran anggaran dalam mengatasi kabut asap itu ditambah, apalagi di daerah ini cukup luas lahan gambut dan hutannya.

Ia menuturkan, kabut asap yang terjadi sekarang ini berdampak pada kesehatan dan juga perekonomian.

Menurut dia, pemerintah kabupaten bila ada usaha perkebunan yang membakar lahan mereka jangan ditoleransi, harus ditindak tegas dengan melaporkannya ke Kementerian Kehutanan dan laporkan secara pidana.

Sementara, sejak beberapa hari terakhir ini kabut asap di Kota Palembang cukup terasa terutama pada pagi hari.