Italia perlu waktu satu jam kalahkan Malta

id andrea pilrlo, timnas italia, malta, kualifikasi piala eropa, piala eropa 2016, sepakbola, grup h

Italia perlu waktu satu jam kalahkan Malta

Timnas Italia (AFP/GABRIEL BOUYS)

Firenze, (ANTARA/Reuters) - Italia memerlukan 69 menit untuk mematahkan perlawanan gigih Malta, sebelum Graziano Pelle mencetak gol untuk membawa mereka menang 1-0 pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 pada Kamis.

Italia, yang gagal mendulang kemenangan pada empat pertandingan terakhir, kesulitan menemukan cara untuk menghancurkan pertahanan Malta di depan penonton yang tidak ramai di Stadion Artemio Franchi.

Kemenangan ini membawa mereka memuncaki Grup H dengan 15 angka dari tujuh pertandingan, unggul satu angka atas Kroasia yang bermain imbang 0-0 di Azerbaijan pada pertandingan yang dimainkan lebih awal pada Kamis.

Pelle, yang menjadi pencetak gol semata wayang ketika Italia menang dengan skor yang sama atas Malta pada pertandingan fase awal di grup, bermain cukup baik ketika ia melepaskan tembakan yang terdefleksi ke atas mistar gawang dan tandukannya dari tendangan sudut juga melambung di atas mistar.

Malta, yang menghuni dasar klasemen dengan satu angka, nyaris memperoleh keunggulan sebelum turun minum ketika Alfred Effiong melepaskan sepakan melengkung yang melebar dari tiang gawang Gianluigi Buffon.

Saat Italia meneruskan menekan, sundulan Pelle melebar dari tendangan bebas Andrea Pirlo dan kemudian kiper Malta Andre Hogg mampu menepis tembakan Andrea Bertolacci yang terdefleksi.

Eder memiliki peluang terbaik untuk Italia pada babak pertama, ketika sepakan mendatarnya melebar dari tiang gawang setelah ia melaju dari lini tengah.

Malta terus bertahan dengan gigih setelah turun minum, dan Italia kesulitan menciptakan peluang meski mereka mendominasi permainan.

Manolo Gabbiandini hampir memecah kebuntuan ketika sepakan melengkungnya dari jarak 20 meter membentur mistar gawang pada menit ke-59, dan Malta akhirnya kemasukan sepuluh menit kemudian.

Antonio Candreva mengirim umpan silang dari sisi kanan, Hogg terganggu oleh marco Parolo di tiang dekat dan Pelle mampu memasukkan bola dari jarak dekat.

Bahkan setelah gol itu, Malta terus bertahan dengan baik, dan Hogg mampu menepis tembakan aneh dari Marco Parolo. (Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)