Wakakorlantas: RSPA untuk meminimalkan korban laka tewas

id rspa, wakakorlantan, korlantas, kecelakaan lalu lintas, polisi, polri

Wakakorlantas: RSPA untuk meminimalkan korban laka tewas

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Dibentuknya RSPA sebagai wujud perhatian kita terhadap korban lakalantas yang tewas. RSPA melibatkan unsur Kepolisian, Dinas Perhubungan, PU, Satpol PP, Satpam dan sebagainya...
Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - Wakil Kepala Korps Lalu Lintas (Wakakorlantas) Mabes Polri, Brigjen Pol Sam Budigusdian, menilai "Road Safety Partnership Action" (RSPA) berguna untuk meminimalkan korban tewas dalam kecelakaan lalu lintas, khususnya pengendara motor di jalan raya.
        
"Dibentuknya RSPA sebagai wujud perhatian kita terhadap korban lakalantas yang tewas. RSPA bertujuan mengurangi itu, dengan melibatkan unsur Kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Satpol PP, Satpam dan sebagainya," ujarnya di Pangkalpinang, Kamis.
        
Menurut dia, RSPA akan meningkatkan kepedulian para pemangku kepentingan terkait lalu lintas dan angkutan jalan terhadap korban tewas di jalanan.
        
"Dengan adanya RSPA ini, masing-masing instansi akan lebih bertanggung jawab sesuai bidang tugasnya untuk menekan angka kecelakaan dan mengurangi korban tewas di jalanan," katanya.
        
Ia mengatakan ada lima aspek untuk memperkecil korban dan angka lakalantas diantaranya manajemen keselamatan jalan yang terkait dengan sarana dan prasarana jalan yang menjadi kewajiban dari pihak Dishub.
        
"Selain itu, jalan berkeselamatan yang menjadi tugas Dinas PU untuk menyediakan jalan dengan standarisasi yang sangat baik, termasuk upaya pemeliharaan jalan," ujarnya.
       
Ia mengatakan aspek untuk memperkecil korban lakalantas lainnya yakni kendaraan berkeselamatan yang menjadi tugas Kepolisian dengan memastikan kendaraan mempunyai kelengkapan yang standar dalam berjalan.
        
"Aspek orang berkeselamatan itu antara lain masyarakat selaku pengendara dan penanganan pasca lakalantas yang bisa saja melibatkan aparat keamanan masyarakat saat berada di tempat kejadian perkara (TKP)," katanya.