Polda Sumsel pantau perkembangan kebakaran lahan

id polda sumsel, kabid humas, kebakaran hutan, musim kemarau

Polda Sumsel pantau perkembangan kebakaran lahan

Kapolda Sumsel Irjen Pol Iza Fadri didampingi Kabid Humas Kombes Pol Djarot Padakova memberikan keterangan pers. (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

...Hingga saat ini belum ada yang diamankan karena kebakaran saat ini belum ditemukan kesengajaan yang dilakukan masyarakat maupun perusahaan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan terus memantau perkembangan kebakaran lahan dan hutan di provinsi tersebut untuk mengungkap apakah ada faktor kesengajaan atau tidak.


Pihaknya terus memantau masalah kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di daerah ini apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. Jika terbukti ada unsur kesengajaan akan ditindak tegas, kata Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombes Pol R Djarod Padakova di Palembang, Kamis.


Menurut dia, apalagi saat musim kemarau sekarang ini kebakaran lahan dan hutan sangat rawan sehingga perkembanganannya harus selalu diikuti.


Ketika ditanya tentang apakah sudah ada yang diketahui terbakarnya lahan yang sengaja dilakukan masyarakat, dia mengatakan, hingga kemarin belum ada.


Hingga saat ini belum ada yang diamankan karena kebakaran saat ini belum ditemukan kesengajaan yang dilakukan masyarakat maupun perusahaan,  ujar dia.


Namun, lanjut dia, walaupun demikian pihaknya terus memantau perkembangan hutan dan lahan di daerah ini terutama untuk mengantisipasi serta mencegah jangan sampai terjadi kebakaran hutan yang disengaja.


Memang sebelumnya Kapolda Sumsel Irjen Pol Iza Fadri telah menyampaikan maklumat masalah kebakaran hutan tersebut.


Maklumat tersebut antara lain akan menindak tegas bila diketahui masyatakat dengan sengaja membakar hutan dan lahan.


Sebelumnya Gubernur H Alex Noerdin mengingatkan kepada masyarakat terutama pihak perkebunan bila membuka lahan tidak dengan cara membakar.