Lintasan dayung Palembang siap diperpanjang

id dayung, lintasan dayung jakabaring

Lintasan dayung Palembang siap diperpanjang

Lintasan dayung Jakabaring Palembang (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Lintasan arena dayung di Kompleks Olahaga Jakabaring Palembang, siap diperpanjang pada 2016 untuk keperluan menyelenggarakan Asian Games ke-18 tahun 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo di Palembang, Rabu, mengatakan, panjang lintasan akan ditambah menjadi 1.000 meter yakni 700 meter pada bagian ujung lintasan, dan 300 meter pada bagian start lintasan.

"Sehingga total panjang lintasan mencapai sekira 2.000 meter, dan sudah sesuai dengan standar internasional untuk pertandingan dayung," kata Yusuf.

Ia mengatakan, proyek pembenahan venue ini sudah dianggarkan pemerintah pada 2016 sehingga diharapkan pekerjaan selesai sebelum Asian Games.

"Arena olahraga air di Kompleks Olahraga Jakabaring ini sebenarnya sudah berstandar internasional untuk nomor kayak dan kano, tapi khusus dayung memang kurang panjangnya," kata dia.

Ia menambahkan, untuk melatih kesiapan tuan rumah sebagai penyelenggara pada tahun ini, International Canoe Federation (ICF) telah memberikan kepercayaan ke Sumsel untuk menjadi penyelenggara Kejuaraan Asia Kano yang diikuti 30 negara pada November.

"Untuk persiapan kejuaraan kano ini sudah bisa dikatakan mencapai 80 persen," kata dia.

Pada Asian Games mendatang, Provinsi Sumatera Selatan dipercaya menggelar 11 cabang olahraga, yakni voli pantai, triathlon, menembak, softball, dayung, kriket, kayak atau kano, bridge, baseball, sepak bola (penyisihan grup).

Meski hanya dipercaya menyelenggarakan 11 cabang olahraga, tapi Sumsel tetap bertekat menjadi tuan rumah terbaik di ajang Asian Games mendatang.

"Sumsel tidak mempermasalahkan ketika hanya diberikan 11 cabang olahraga karena yang menjadi perhatian apa dampak yang ditimbulkan Asian Games ini. Jadi, meski sedikit dibandingkan DKI Jakarta, tetap akan memberikan yang terbaik dari sisi arena, hingga infrastruktur penunjang," kata atlet terjun payung ini.