Demokrat siapkan PAW Anggota DPRD Sumsel

id dprd, dprd sumsel

Demokrat siapkan PAW Anggota DPRD Sumsel

Pimpinan DPRD Sumsel Chairul S Madiyah (Foto: antarasumsel.com/15/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - DPD Partai Demokrat Sumatera Selatan sudah menyiapkan calon penganti antarwaktu anggota DPRD provinsi setempat yang mengundurkan diri karena ikut sebagai calon wakil bupati Ogan Ilir.

Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Selatan Chairul S Matdiah di Palembang, Rabu. menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai calon PAW setelah mundurnya Muchendi Mahzareki dari anggota DPRD Sumsel.

Menurut dia, kalau untuk Muchendi Mahzareki sudah dikirim surat oleh Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel pada Senin (31/8), bahwa Muchendi Mahzareki berhenti mengundurkan diri, karena ikut mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati Ogan Ilir.

Sedangkan pengantinya dalam surat dari KPU Sumsel nomor urut dua peringkat ketiga atas nama Agus Pianto yang jabatannya Ketua Divisi Hukum DPD Partai Demokrat Sumsel, katanya.

Ia mengatakan, surat tersebut selambatnya pada 7 September 2015 DPRD berkirim surat ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sumsel.

Sebelumnya Ketua DPRD Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas mengatakan, DPRD sudah mengirimkan surat ke Gubernur Sumsel mengenai pemberhentian tiga orang anggota dewan provinsi setempat, karena maju pada pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015.

DPRD sudah mengirimkan surat ke gubernur, Komisi Pemilihan Umum dan partai politik bersangkutan mengenai pemberhentian ketiga anggota dewan tersebut.

Ia menyatakan, dengan pemberhentian ini partai politik untuk mengirimkan calon penganti antarwaktu (PAW).

Tercatat tiga anggota DPRD Sumsel yang maju pada pilkada serentak Desember 2015 yakni Muchendi Mahzareki, Wahab Nawawi dan Edward Jaya.

Anggota DPRD Sumsel Wahab Nawawi maju sebagai calon Bupati Ogan Komering Ulu Selatan, sedangkan Muchendi Mahzareki maju sebagai calon wakil Bupati Ogan Ilir dan Edward Jaya maju sebagai calon Bupati Ogan Komering Ulu Timur pada pilkada Desember mendatang.

Di Sumsel ada tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musirawas Utara.