Pedagang hewan kurban mulai bermunculan di Palembang

id pedagang, hewan kurban, hari raya qurban, hari raya idul adha, peternak sapi, sapi, kambing

Pedagang hewan kurban mulai bermunculan di Palembang

Pedagang hewan kurban sapi dan kambing di Kota Palembang menjelang Idul Adha mulai marak (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

....Sapi dijual berkisar Rp17 juta hingga Rp22 juta per ekor, sedangkan kambing dijual dengan harga Rp3,5 juta hingga Rp5 juta per ekor....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pedagang hewan kurban untuk pada Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah/2015 mulai bermunculan di sejumlah tempat di Kota Palembang, Selasa.

Di kawasan Jalan Makrayu, Demang Lebar Daun, dan Perumnas Kenten Sako Palembang, pedagang hewan kurban mulai memajang beberapa ekor sapi dan kambing di kios pinggir jalan kawasan permukiman penduduk tersebut.

Salah seorang pedagang hewan kurban Aprizal mengatakan, Hari Raya Qurban pada 24 September 2015 masih beberapa pekan lagi, namun sudah saatnya mulai melakukan penawaran kepada warga yang akan berkurban dan bersiap menerima pesanan.

Kegiatan penjualan hewan kurban dilakukan sekarang sehingga waktunya cukup panjang untuk menyiapkan stok yang memenuhi persyaratan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

"Hewan kurban yang dijual tidak hanya dipasok oleh peternak sapi dan kambing dari wilayah Sumsel ini, tetapi juga ada yang berasal dari provinsi tetangga seperti Lampung dan Bengkulu," ujarnya.

Hewan kurban dijual dengan harga bervariasi tergantung dengan besar dan beratnya seperti sapi dijual berkisar Rp17 juta hingga Rp22 juta per ekor, sedangkan kambing dijual dengan harga Rp3,5 juta hingga Rp5 juta per ekor, katanya.

Sekarang ini, dia mulai menerima pesanan hewan kurban dari sejumlah pengurus masjid yang mengelola program arisan hewan qurban dan masyarakat yang akan melakukan pemotongan qurban secara perorangan.

Untuk memberikan jaminan hewan qurban memenuhi syariat Islam, sehat dan dagingnya halal dikonsumsi, dia memeriksakan hewan kurban ke Dinas Peternakan setempat dan menyiapkan petugas pemotong hewan yang berpengalaman, ujarnya.