Disprindag tertibkan harga bahan pokok jelang lebaran

id disperindag,mura,sembako, lebaran

Disprindag tertibkan harga bahan pokok jelang lebaran

Ilustrasi pasar Ramadhan (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Lubuklinggau, (ANTARA Sumsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, menertibkan harga sembilan bahan pokok untuk kebutuhan masyarakat menjelang lebaran Idul Adha 1436 Hijriyah.

"Kami akan rutin turun bersama anggota Polres untuk menertibkan harga bahan pokok yang diperkirakan mengalami kenaikan menjelang  Idul Adha 1436 Hijriyah," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kota Lubuklinggau Farida Aryani, Senin.

Ia mengatakan sekarang sudah dibentuk tim terpadu terdiri atas Disprindag, Polres dan Dinas Kesehatan akan turun secara rutin ke beberapa pasar moderen dan tradisonal untuk memantau perkembangan harga bahan pokok tersebut.

Tim tersebut dalam rangka mengantisipasi pelaku usaha nakal yang akan merugikan masyarakat, karena harga bahan pokok diperkirakan naik terkait melemahnya harga rupiah saat ini.

"Kita selalu mengadakan pengawasan dipasar-pasar, untuk memantau pelaku usaha yang melakukan kenaikan harga tanpa ada perintah dari Pemerintah," katanya.

Terlebih menjelang lebaran Idul Adha nanti diprediksi  harga sembako akan naik, tim akan mengantisipasi para pedagang nakal yang menjual dagangannya akan merugikan masyarakat.

"Dengan demikian menjelang Idul Adha, kita sudah melakukan pemantauan keseluruh pasar dan gudang, sedangkan stok sembak untuk saat ini cukup memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Lubuklinggau," ujarnya.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Ari Wahyu Widodo membenarkan pihaknya akan menurunkan anggota mendukung upaya Disprindag untuk menstabilkan harga sembilan bahan pokok termasuk harga gas ilpiji tiga kilogram.

Ia mengatakan pemantauan itu dilakukan secara rutin dalam rangka menstabilkan sekaligus pengawasan terhadap bahan pokok, terlebih kondisi rupiah saat ini semakin terpuruk karena perkembangan Dollar semakin naik.

"Kita mengharapkan dengan kondisi sekarang ini jangan sampai masyarakat terkena imbasnya dan perlu diantisipasi secepatnya," tandasnya.