Musi Banyuasin tingkatkan produksi ikan

id ikan, produksi ikan, budidaya ikan, tingaktkan produksi ikan

Musi Banyuasin tingkatkan produksi ikan

Lahan rawa dimanfaatkan jadi tambak. (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

...Peningkatan produksi melalui budi daya akan terus didorong karena produksi ikan di daerah ini sebagian besar masih tergantung pada alam sehingga pasokannya di pasaran tidak bisa dipastikan jumlahnya...
Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA Sumsel) - Dinas Perikanan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, terus berupaya meningkatkan produksi ikan terutama melalui kegiatan budi daya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan daerah sekitar.

Peningkatan produksi melalui budi daya akan terus didorong karena produksi ikan di daerah ini sebagian besar masih tergantung pada alam sehingga pasokannya di pasaran tidak bisa dipastikan jumlahnya, kata Kepala Dinas Perikanan Musi Banyuasin Ahmad Mukohir, di Sekayu, Kamis.

Menurut dia, pasokan ikan di pasaran terkadang pada musim atau kondisi tertentu berlimpah dan sering juga terjadi kelangkaan yang dapat mengakibatkan harganya melambung dan tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara maksimal.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berupaya mendorong masyarakat setempat untuk melakukan pengelolaan potensi perikanan yang cukup besar tanpa mengandalkan kondisi alam sehingga produksinya bisa stabil dan tersedia sepanjang tahun.

Untuk mengelola potensi perikanan agar tidak tergantung pada alam, masyarakat didorong untuk melakukan kegiatan budi daya dan bagi yang telah melakukan kegiatan tersebut akan didorong mengembangkan wilayah budi daya baru.

Selain itu, pihaknya juga berupaya mengoptimalkan balai benih ikan, menumbuhkan unit pembenihan rakyat, serta mengembangkan pembuatan pakan alternatif, katanya.

Menurut dia, Kabupaten Musi Banyuasin memiliki beragam ikan yang dapat dikembangkanbiakkan, baik ikan sungai atau ikan air tawar maupun ikan air payau.

Semua jenis ikan yang ada di kabupaten ini dapat dikembangbiakkan, seperi ikan nila, patin, baung, lais, gurame, betutu, ikan tembakang, dan juga terdapat beberapa jenis udang yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Dengan pengelolaan potensi perikanan tersebut tanpa mengandalkan alam, produksi ikan daerah ini bisa meningkat dan tersedia secara terus menerus.

Produksi ikan yang dapat dipastikan berlanjut tanpa tergantung alam atau musim, bisa menjamin ikan selalu tersedia di pasaran dalam jumlah sesuai kebutuhan masyarakat dan harganya stabil, serta dapat dijadikan komoditas andalan baru selain hasil perkebunan dan pertambangan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dan menjaga tingkat konsumsi ikan di Sumsel secara umum dapat tetap tinggi di atas rata-rata nasional, kata dia.