Valencia jadi klub Spanyol ke-5 di Liga Champions

id valencia, liga champions, kualifikasi, liga champions, klub spanyol, barcelona, real madrid, atletico madrid, sevilla

Valencia jadi klub Spanyol ke-5 di Liga Champions

Liga Champions (Antarasumsel.com/Grafis)

Madrid, (ANTARA/Reuters) - Spanyol menjadi negara pertama yang memiliki lima tim di fase grup Liga Champions dalam semusim setelah Valencia menyingkirkan Monaco dengan skor agregat 4-3 pada pertandingan playoff, meski mereka kalah 1-2 pada Selasa.   

Valencia bergabung dengan Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Sevilla, yang mendapatkan tiket otomatis ke Liga Champions sebagai juara kompetisi strata kedua Eropa, Liga Europa.

Pada malam yang dihiasi banyak kejadian menawan,Dinamo Zagreb, Maccabi Tel Aviv, dan Shakhtar Donetsk juga mengamankan tiket fase grup di kompetisi paling elit Eropa.

Mantan penyerang Manchester City Alvaro Negredo membawa Valencia memimpin melalui sontekannya pada menit keempat, namun tim Spanyol itu dipaksa bertahan setelah Andrea Raggi dan Elderson membangkitkan harapan tim kerajaan itu.   
"Penting untuk mendapatkan gol tandang dan kami melakukannya pada fase awal pertandingan, yang membantu menenangkan kami," kata Negredo kepada televisi Spanyol. "Pada babak kedua mereka menekan dan kami kelelahan, namun syukurlah kami mampu bertahan."
Juara Swedia Malmo masuk fase grup untuk musim kedua secara beruntun setelah kapten Markus Rosenberg dan gol bunuh diri Dedryck Boyata membuat mereka menang 2-0 dan agregat 4-3 atas Celtic, untuk membalikkan kekalahan 2-3 yang didapat pada pertandingan leg pertama.

Mantan juara Eropa Celtic gagal mempertahankan keunggulan mereka setelah Rosenberg memasukkan bola tendangan sudut, bola itu mengenai bahunya.

Malmo menyia-nyiakan sejumlah peluang sebelum usaha Boyata untuk menyapu bola pada kemelut di depan gawang berakhirdengan bek Celtic itu memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

"Kami setidaknya sebagus tahun lalu, khususnya di kandang," kata Rosenberg kepada TV6 asal Swedia, setelah Malmo mempertahankan "clean sheet" untuk kesepuluh kalinya di kualifikasi Eropa.

"Hari yang penuh kerja keras, kami melakukan apa yang kami katakan dan kami akan melakukannya, dan para penggemar selalu hebat seperti biasa."

Dua gol Soudani
Dinamo lolos ke fase grup untuk ketiga kalinya dalam lima musim terakhir, menaklukkan Skenderbeu dengan skor 4-1 di kandang untuk melengkapi kemenangan agregat 6-2 atas tim Albania itu.

Penyerang Aljazair El Arabi Hilal Soudani mencetak sepasang gol indah, di mana Jeremy Taravel dan Armin Hodzic juga masuk dalam daftar pencetak gol untuk tim Kroasia itu.

Hasil imbang 2-2 dengan Rapid Vienna membuat Shakhtar melaju berkat keunggulan agregat 3-2 setelah menang 1-0 pada leg pertama, sedangkan Maccabi menyingkirkan Basel melalui keunggulan gol tandang, bermain imbang 1-1 sudah cukup menyusul hasil imbang 2-2 pada pekan lalu di Swiss.

Shakhtar terlihat akan melaju setelah Marlos menggandakan keunggulan agregat mereka, namun gol-gol dari Louis Schaub dan Steffen Hofmann membalkkan keadaan, sebelum Olexandr Gladkiy membuat kedudukan kembali imbang pada babak pertama.  
Maccabi melaju ke fase grup untuk kedua kalinya setelah gol Eran Zahavi membatalkan gol pembuka Luca Zuffi.

Salah satu dari lima pertandingan yang dimainkan pada Rabu akan mempertemukan Manchester United dengan Brugge, di mana juara tiga kali itu akan mempertahankan keunggulan 3-1 mereka atas tim Belgia tersebut. (Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)