Kemenag jamin semua jamaah calon haji berangkat

id kementerian agama sumsel, kemenag sumsel, kanwil kemenag sumsel, calon haji, haji, musim haji, kloter haji

Kemenag jamin semua jamaah calon haji berangkat

Ilustrasi - Sejumlah Jamaah Calon Haji (JCH) menanti pembagian paspor dan gelang di Asrama Haji Palembang. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan menjamin seluruh jamaah calon haji daerah tersebut akan berangkat untuk menunaikan rukun Islam ke tanah suci yang pemberangkatannya dimulai, Jumat (28/8).

Kasubag Humas Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel, Saefudin kepada wartawan di Palembang, Selasa mengatakan, jaminan tersebut sesuai petunjuk Menteri Agama beberapa waktu lalu supaya jamaah calon haji harus berangkat semuanya.

Menurut dia, memang sekarang ini ada 47 visa jamaah calon haji yang lima di antaranya tergabung dalam pemberangkatan kelompok terbang pertama dan itu akan diselesaikan sebelum pemberangkatan.

Namun, bila belum rampung juga untuk kelompok tebang pertama akan dialihkan pada pemberangkatan berikutnya.

Pihaknya merasa optimistis visa tersebut akan selesai dan semua jamaah calon haji akan berangkat untuk menunaikan rukun Islam kelima sesuai rencana, ujar dia.

Hal ini karena sebelumnya sisa visa yang belum selesai 144 dan dalam waktu satu hari hanya tersisa 47 lagi, kata dia. 

Yang jelas, timnya terus memantau perkembangan visa tersebut supaya dapat diselesaikan secepat mungkin, ujar dia.

Ketika ditanya tentang hambatan pembuatan visa calon haji, dia mengatakan, hal ini karena adanya perubahan sistem pendataan.

Sebagaimana Sumsel akan memberangkatkan 4.947 jamaah calon haji yang dibagi dalam 14 kelompok terbang melalui embarkasi Palembang.

Sebelum berangkat jamaah calon haji tersebut harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan terakhir kelengkapan termasuk cek kesehatan.