Gubernur minta bupati maksimalkan pemadaman titik api

id gubernur sumatera selatan, sumsel, alex noerdin, bupati, titik api, pemadaman, titik panas

Gubernur minta bupati maksimalkan pemadaman titik api

Ilustrasi - Kebakaran lahan (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta kepada para bupati terutama yang banyak terdapat titik api untuk memaksimalkan pemadaman, sehingga daerah ini terhindar dari kabut asap.

Pihaknya meminta supaya para bupati untuk memaksimalkan memadamkan titik api saat musim kemarau sekarang ini, kata gubernur kepada wartawan usai melantik empat pelaksana tugas bupati di Palembang, Selasa.

Pelaksana tugas bupati yang dilantik itu di antaranya Yulizar Dinoto yang selama ini menjabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel menjadi Plt Bupati Ogan Ilir.

Lebih lanjut dia mengatakan, sehubungan itu pihaknya menunjuk kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel untuk melaksanakan tugas bupati sekaligus mengantisipasi kabut asap.

Jadi dengan berbekal pengalaman selama ini dalam memadamkan titik api maka Kabupaten Ogan Ilir diharapkan tidak ada lagi kabut asap, ujar dia.

Apalagi selama ini kabupaten tersebut banyak terdapat titik api karena adanya lahan gambut yang rawan terbakar.

Yang jelas, pihaknya minta agar bupati memaksimalkan pemadaman titik api termasuk di Kabupaten Ogan Ilir, kata dia.

Pelaksana Tugas Bupati Ogan Ilir, Yulizar Dinoto mengatakan bahwa pihaknya siap memadamkan titik api di kabupaten tersebut karena selama ini kondisinya cukup banyak lahan yang terbakar diakibatkan terdapat lahan gambut.

Ia menyatakan, akan melaksanakan sosialisasi agar tidak terjadi bencana terutama kebakaran hutan dan lahan. 

Di samping itu, juga melakukan pendekatan kepada masyarakat supaya tidak membakar hutan dan lahan saat musim kemarau sekarang ini.

Jadi setelah dipercayanya memimpin Kabupaten Ogan Ilir, ia akan memaksimalkan sosialisasi dalam mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.