Asap di Palembang belum ganggu pelayaran kapal

id kapal cepat, kapal, asap, belum ganggu pelayaran, sungai musi, musi, kapal cepat beroperasi normal

Asap di Palembang belum ganggu pelayaran kapal

Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka beroperasi normal. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Kabut asap yang menyelimuti jalur pelayaran Sungai Musi hingga ambang luar menuju Selat Bangka belum mengganggu jarak pandang sehingga pelayanan kapal cepat tetap berjalan normal...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kabut asap yang terjadi di Palembang belum mengganggu pelayanan jasa kapal cepat di terminal penumpang Pelabuhan Boom Baru.

Kabut asap yang menyelimuti jalur pelayaran Sungai Musi hingga ambang luar menuju Selat Bangka belum mengganggu jarak pandang nahkoda kapal sehingga pelayanan jasa angkutan laut kapal cepat hingga kini tetap berjalan normal sebagaimana biasanya, kata petugas loket pelayanan tiket kapal cepat Express Bahari, Robin di Palembang, Selasa.

Menurut dia, kabut asap yang cukup terasa pada pagi hari ini namun tidak mengganggu jadwal keberangkatan kapal dari Pelabuhan Boom Baru Palembang karena belum terlalu pekat dan ketika matahari mulai bersinar, jarak pandang mendekati normal.

Kondisi ini belum menyebabkan penundaan jadwal pemberangkatan kapal cepat dari Palembang ke Bangka dan sebaliknya.

"Pagi ini satu kapal diberangkatkan dari Pelabuhan Boom Baru Palembang ke Bangka pada pukul 07.00 WIB atau sesuai jadwal yang ditetapkan dengan jumlah penumpang sekitar 120 orang," ujarnya.

Dia menjelaskan penundaan pelayaran kapal cepat satu dari dua kapal yang biasa melayani rute Palembang-Bangka sekarang ini bukan karena faktor cuaca berkabut, melainkan pengaruh sepinya jumlah penumpang.

Sepanjang 2015, jumlah penumpang di bawah 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia di kapal yang mencapai 350 orang, sehingga setiap hari dioperasikan satu kapal dengan sistem pelayanan secara bergiliran antara perusahaan Express Bahari dengan Sumber Bangka.

Jika kondisi sepi dan tetap beroparesi dua kapal, maka akan terjadi persaingan tidak sehat antara perusahaan penyedia jasa angkutan kapal cepat karena biaya operasional tidak akan tertutup dari penumpang yang sepi sekarang ini.

Sesuai kesepakatan antara kedua perusahaan tersbeut, sistem pelayanan bergilir saat ini ditentukan dengan cara berdasarkan tanggal genap dan ganjil.

Pada Agustus 2015 ini kapal cepat Express Bahari beroperasi melayani penumpang pada setiap tanggal ganjil dan pada September nanti akan beroperasi pada tanggal genap, ujar dia pula.