Tingkat konsumsi ikan Sumsel ditargetkan 40kg/kapita

id konsumsi ikan, ikan, tingkat konsumsi ikan, target tingkat konsumsi ikan

Tingkat konsumsi ikan Sumsel ditargetkan 40kg/kapita

Tambak warga di kawasan Bukit Baru Palembang. (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

...Untuk meningkatkan tingkat konsumi ikan sesuai target yang ingin dicapai itu, pihaknya akan menggalakkan kegiatan sosialisasi mengenai manfaat makan ikan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Tingkat konsumsi ikan di Provinsi Sumatera ditargetkan pada 2018 bisa mencapai 40 kilogram perkapita per tahun, sehubungan kondisi beberapa tahun terakhir yang cenderung terus meningkat.

"Tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumsel pada 2013 berada pada posisi 35 kg perkapita/tahun dan kini telah mencapai 38 kg perkapita/tahun," kata Kepala Bidang Humas Pembinaan dan Informasi Data Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan Gamalda Israk di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumatera Selatan tersbeut melebihi rata-rata tingkat konsumsi ikan nasional 36 kg perkapita/tahun.

Melihat kondisi tersebut pihaknya terus berupaya meningkatkan tingkat konsumsi ikan masyarakat di provinsi yang memiliki penduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu.

Untuk meningkatkan tingkat konsumi ikan sesuai target yang ingin dicapai itu, pihaknya akan menggalakkan kegiatan sosialisasi mengenai manfaat makan ikan.

Ikan merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, kaya vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat, serta sumber penting asam lemak omega tiga.

Asam lemak omega tiga dalam minyak ikan baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan, berdasarkan hasil penelitian para ahli dijelaskan bahwa masyarakat yang mengkonsumsi banyak ikan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.

Selain itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan pembinaan kepada nelayan dan petambak untuk meningkatkan produksi ikan sehingga pasokan ikan di pasar stabil dalam jumlah cukup dan harganya dapat terjangkau oleh barbagai lapisan masyarakat, kata dia pula.