Pemprov siapkan cadangan bantuan bencana alam

id pemprov, pemprov sumsel

Pemprov siapkan cadangan bantuan bencana alam

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan cadangan kebutuhan bahan pokok untuk membantu korban bila terjadi bencana alam di daerah tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Belman Karmuda di Palembang, Senin mengatakan, pihaknya menyiapkan kebutuhan seperti beras untuk membantu bila terjadi bencana alam di daerah ini.

Cadangan tersebut antara lain dibantu Kementerian Sosial sehingga bila ada bencana segera dapat disalurkan kepada korban yang mendapat musibah, kata dia.

Dalam penyaluran bantuan itu, Dinas Sosial setepat bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bancara Daerah (BPBD).

Selain itu Dinas Sosial setempat juga rutin melaksanakan evaluasi dan bila cadangan barang kebutuhan pokok dirasakan berkurang, maka akan diusulkan untuk mendapatkan tambahan, kata dia.

Evaluasi itu bukan saja untuk melihat persediaan, tetapi juga kualitasnya apakah mengalami kerusakan sehingga perlu diganti, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang dalam bencana sendiri ada kewajiban pemerintah pusat untuk membantu seperti bila terjadi kebakaran rumah yang menghanguskan lebih dari 40 unit.

Itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah pusat sehingga bila terjadi bencana seperti itu pihaknya mengusulkan, kata dia.

Memang, lanjut dia, sekarang ini rawan akan kebarkaran karena musim kemarau sehingga seluruh lapisan masyarakat perlu berhati-hati.

Yang jelas, bencana harus selalu dihindari dan bila terjadi harus diupayakan untuk dibantu termasuk penyelamatan jiwa, tambah dia.